WHAT'S NEW?
Loading...

5 Momen Cuci Tangan (Hand Hyegiene)| Bloggout

Medianers ~ Badan kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan 5 momen cuci tangan. Kapan saja waktu cuci tangan yang direkomendasikan WHO tersebut, yuk simak di bawah ini:

1. Sebelum menyentuh pasien

Sebelum-menyentuh-pasien

Petugas kesehatan sebelum menyentuh pasien sangat dianjurkan melakukan cuci tangan, baik secara handrub maupun dengan cara handwash. Tujuannya untuk mencegah penularan penyakit dari tangan petugas ke pasien.

2. Sebelum melakukan mekanisme bersih / aseptik.

Sebelum-melakukan-aseptik

Sebelum melakukan prosedur aseptik, petugas sebaiknya melakukan cuci tangan. Tujuannya untuk melindungi pasien dari penularan bakteri karoten.

Tiga. Setelah terpapar cairan tubuh atau terpapar risiko infeksi.

Setelah-terpapar-cairan-tubuh

Bersihkan tangan setelah kontak atau resiko kontak dengan cairan tubuh pasien ( dan setelah melepas sarung tangan. Tujuannya untuk melindungi petugas kesehatan dan area sekelilingnya agar bebas dari bakteri patogen yang berasal dari pasien.

4. Setelah menyentuh pasien.

Setelah-menyentuh-pasien

Bersihkan tangan setelah menyentuh pasien, sesaat setelah meninggalkan pasien. Bertujuan untuk melindungi petugas kesehatan dan area sekelilingnya bebas dari bakteri patogen yang berasal dari pasien.

Lima. Setelah menyentuh lingkungan pasien.

Setelah-menyentuh-lingkungan-pasien

Bersihkan tangan setelah menyentuh objek atau furniture yang ada di sekitar pasien saat meninggalkan pasien, walaupun tidak menyentuh pasien. Bertujuan untuk melindungi petugas kesehatan dan area sekelilingnya bebas dari bakteri patogen yang berasal dari pasien.

Demikianlah 5 momen cuci tangan sesuai anjuran WHO yang patut dilaksanakan bagi petugas kesehatan saat bekerja di pelayanan kesehatan. Adapun cara dan langkah cuci tangan sesuai standar dapat dibaca di cara cuci tangan handrub dan cara cuci tangan handwash. Semoga bermanfaat.(aw)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini