WHAT'S NEW?
Loading...

Tips Mengendalikan Kolesterol di Bulan Ramadan| Bloggout

Medianers ~ Sebelas bulan dalam 1 tahun umat muslim bebas memilih makanan dan mengkonsumsi makanan dan minuman apa saja, kecuali yang haram. Kadang jadwal makan tidak teratur, menu sembarangan dan porsinya bahkan bisa-bisa melebihi kapasitas perut yang penting hajar!

Tibalah bulan kudus ramadan, bulan dimana umat muslim diwajibkan menahan haus, dan lapar dan menunda hawa nafsu. Jadwal makan & minum pun di atur, yakni berbuka selesainya surya terbenam (maghrib) & sahur, makan akhir malam menjelang mentari terbit ( subuh).

Penyebab-kolesterol-dalam-darah-tak-terkontrol

Hal demikian tentunya sangat cantik bagi kesehatan. Terutama pada mengendalikan kadar kolesterol pada darah. Sebab, penyebab berdasarkan tingginya kadar kolesterol pada darah merupakan gaya hayati, pola makan nir teratur, mengkonsumsi makanan "sampah" dan minuman instan berkarbonasi.

Tentunya di bulan ramadan, mengkonsumsi makanan sembarangan tempat, junk food dan minuman instan lainnya dapat dihindari dan diminimalisir. Sebab, saat berbuka, siapa pun pasti ingin berkumpul dengan keluarga di rumah. Cendrung menu yang ada dirumah di olah dan dibuat masih segar, demikian juga saat sahur.

Tips Mengendalikan Kolesterol pada Bulan Ramadan

Bagi anda yg memiliki riwayat hipertensi (tekanan darah tinggi) dan penyakit jantung karena kadar kolesterol tinggi pada darah, maka sangat beruntung pada bulan ramadan ini mengendalikannya. Berikut tips yang bisa medianers sampaikan:

  1. Berbukalah dengan segelas air putih atau jus. Saat sirine berbunyi, pertanda waktu berbuka telah tiba, maka lepaskanlah puasa anda dengan meminum air putih hangat kuku, atau dengan jus timun atau pepaya.
  2. Kemudian tunaikan sholat maghrib.
  3. Setelah selesai sholat, lanjutkan dengan mencicipi sepotong buah apel atau pisang.
  4. Lalu, ambil nasi secukupnya dan lauk-pauk serta sayuran.
  5. Makanan penutup, boleh ditambah dengan sepotong jelly.
  6. Hindari makanan berminyak.
  7. Jangan merokok setelah berbuka. Bila siang hari anda bisa menahan, kenapa malam tidak?
  8. Bila masih lapar setelah menunaikan sholat tarawih, anda bisa mengkonsumsi semangkuk kolak buatan ibu/istri atau keluarga tercinta. Atau kalau anda pecinta kopi atau teh, maka silahkan nikmati secangkir.
  9. Istirahatlah.
  10. Saat sahur, hindari minum teh dan kopi. Tapi nikmatilah air putih suam kuku dan sepiring nasi serta lauk pauk serta sayuran. Dan jangan lupa konsumsi buah-buahan.
  11. Selepas sahur, jangan langsung tidur, tapi tunggu hingga subuh. Setelah menunaikan ibadah sholat subuh. Silahkan beristirahat.
  12. Lakukan hal ini secara konsisten selama 1 bulan penuh.
  13. Bilamana anda penderita hipertensi dan kolesterol tinggi, setelah mempraktekkan tips di atas. Saat lebaran, periksalah kadar kolesterol dalam darah anda. Maka anda akan terkagum melihat hasilnya, silahkan di praktekkan.

Sesungguhnya tips mengendalikan kadar kolesterol di bulan ramadan ini adalah salah satu keuntungan bagi umat muslim yang menunaikan ibadah puasa dengan benar. Bukan menjaga hawa nafsu di siang hari saja, tapi di malam hari tetap mengontrol jenis makanan yang akan di lahap. Sebab menjelang berbuka, banyak jenis makanan yang ditawarkan di pasar pabukuon yang belum tentu baik untuk kesehatan.(AW)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini