WHAT'S NEW?
Loading...

Penanganan Kista Pada Lutut| Bloggout

Medianers ~ Pasien wanita, (40 tahun) datang ke poliklinik memeriksakan bengkak pada lutut kaki kirinya. Setelah diperiksa oleh dokter bedah, dan dikaji riwayat kesehatan, maka pasien didiagnosa kista yang terdapat pada tengkuk lutut kaki kiri.

Gejala yg dirasakan pasien sebelum tiba ke poliklinik merupakan ketika bersimpuh atau bersujud terasa sakit dalam tengkuk lutut. Kadang-kadang terasa nyeri jika terbentur sesuatu. Dan, bengkak pada lutut terasa menganggu aktifitas.

Perkiraan dokter bedah, penyebab kista pada tengkuk lutut karena haematoma, adanya trauma atau benturan pada masa lalu. Lalu haematoma (bengkak kebiruan-biruan). Dalam jangka waktu tertentu, cedera yang berbentuk haematoma tersebut didalamnya terdapat cairan darah karena pecahnya pembuluh darah,namun darah tidak keluar tapi tertahan yang akhirnya membentuk kantong yang disebut dengan kista karena trauma.

Kista pada lutut kaki ada jua disebabkan sang berkumpulnya cairan sendi, terutama berlokasi pada daerah lipatan dibelakang tengkuk lutut, dikenal menggunakan kista baker. Yang membedakan kista lantaran trauma dengan kista baker adalah diilihat berdasarkan penyebabnya. Kista baker cairannya berbentuk gel & bening, sedangkan cairan kista karena benturan cairan yg ada pada kantong berwarna gelap, bahkan kuning & kemerah-merahan.

Saran dari Dokter Ridwan Muchtar selaku ahli bedah di RSUD dr Adnaan WD, apa bila ada benturan pada lutut dan bengkak, sebaiknya pertolongan pertama dikompres dingin (menggunakan es) bertujuan mengurangi cedera dan mencegah terjadi perdarahan (haematoma) kemudian dihari kedua lakukan kompres panas untuk menghilangkan bengkak. Pertolongan pertama tersebut juga berguna untuk mencegah agar tidak terjadinya kista pada lutut yang disebabkan trauma tumpul pada lutut.(AW)

Baca juga : Jika Tidak Ingin Jari Kaki Anda Bengkak, Hindari Makanan Ini

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini