WHAT'S NEW?
Loading...

Jenis Produk Darah Dan Reaksi Pasca Transfusi| Bloggout

Seluruh darah yang eksklusif diambil berdasarkan aliran darah; terdiri berdasarkan poly jenis sel yg berbeda antara lain, sel darah merah, sel darah putih, trombosit, & plasma. "Ada sangat sedikit tanda buat penggunaan transfusi darah secara holistik. Indikasi utama transfusi darah pada beberapa perkara bedah jantung atau situasi perdarahan masif ketika lebih berdasarkan 10 unit sel darah merah yg diperlukan pada jangka saat 24 jam. Situasi langka lainnya dimana transfusi darah dibutuhkan segera, perdarahan yg mengancam hidup ketika terapi komponen darah, sel darah merah nir tersedia "(Mitsuyasu, 2004).

Laboratorium bank darah atau unit transfusi darah dapat memisahkan seluruh darah menjadi komponen-komponen khusus yang diperlukan. Sebuah alternatif untuk menyumbangkan seluruh darah adalah proses apheresis. Ini adalah "jenis khusus dari donor darah yang memungkinkan pendonor untuk memberikan komponen darah tertentu, seperti trombosit."(Blood & Tissue Services | Donating Platelets, 2017).

Sel darah merah (PRBC) dapat diberikan dalam situasi darurat untuk menggantikan darah yang hilang pada trauma atau dalam pengaturan yang lebih kronis anemia (jenis penyakit hematologi kronis seperti berlian Blackfan anemia, thalasemia beta, kekurangan zat besi atau bahkan sekunder untuk mielosupresi karena administrasi kemoterapi).

Gejala umum dari anemia mungkin termasuk kelelahan, pucat, sesak napas, pusing dan sakit kepala. Tingkat hemoglobin, zat besi dan oksigen harus naik pasca transfusi. Administrasi dapat bervariasi, tergantung pada situasi klinis, volume yang diinginkan dan berat badan pasien ( tergantung kebijakan rumah sakit Anda). Saya pernah melihat administrasi standar (10 ml / kg) diberikan pasien onkologi pediatrik dan dewasa.

Trombosit (Platelets) berperan sebagai pembekuan darah. Transfusi trombosit diberikan ketika jumlah trombosit rendah dan gejala pendarahan terlihat pada: pendarahan hidung, petechiae, purpura,dll. Trombosit mungkin diperlukan dalam kasus-kasus tertentu yang terkait dengan operasi, trauma, trombositopenia dan dalam kasus yang jarang terjadi dari beberapa penyakit hematologi, seperti gejala purpura thrombocytopenic idiopatik. Infus trombosit biasanya diberikan dengan cepat (kurang dari 30 menit) dan mungkin memerlukan premedikasi jika perlu.

Plasma adalah bagian cair berwarna kuning jernih dalam darah. Plasma mengandung protein, enzim dan antibodi dan dapat digunakan dalam kasus-kasus luka bakar, infeksi, gagal hati, pengobatan untuk thrombocytopenic purpura trombotik, serta beberapa penyakit kronis yang berhubungan dengan sistem atau koagulasi masalah kekebalan tubuh. Segar beku plasma (Fresh Frozen Plasma) dan Kriopresipitat (cryo) dan bahkan immune globulin intravenous (IVIG) adalah semua bagian khusus dari plasma yang dapat digunakan dalam situasi klinis yang berbeda yang tercantum di atas. Infus kali ini bervariasi tergantung pada produk yang digunakan dan status pasien. tanda-tanda vital dan penilaian umum harus dilakukan secara berkala, seperti halnya dengan semua produk darah yang tercantum di atas.

Hal ini penting untuk diketahui, pasien berpotensi mengalami reaksi pasca transfusi, baik selama dan setelah pengobatan. Gejala yang mungkin muncul memungkinkan terjadinya kemerahan pada wajah / dada, gatal-gatal, ruam, takikardia, sesak napas, nyeri punggung dan menggigil. Ini dapat diobati dengan cepat dengan menggunakan langkah-langkah yang tepat, seperti memberikan oksigen dan IVF bolus) dan obat-obatan darurat, seperti: antihistamin, steroid, epinefrin, dll.

"Ada delapan jenis darah umum yang berbeda, yang ditentukan oleh ada atau tidak adanya antigen tertentu - zat yang dapat memicu respon imun, sebab produk darah yang masuk ke tubuh orang lain merupakan dianggap benda asing bagi tubuh lainnya. Beberapa antigen dapat memicu sistem kekebalan tubuh pasien untuk menyerang darah yang ditransfusikan. Transfusi darah yang aman bergantung pada ketelitian mengolah darah atau crossmatching "(The American National Red Cross 2017).

Sementara golongan darah O positif adalah golongan darah yang paling umum, O negatif dianggap sebagai donor universal dan dapat diterima oleh siapa saja, tidak peduli jenis darah mereka. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan kompatibilitas dan pengecekan sebelum memulai transfusi bertujuan mencegah reaksi yang dapat mengancam kehidupan.

Jika Anda pernah memiliki untuk memeriksa unit darah dengan rekan kerja sebelum pemberian, Anda tahu ada dapat banyak istilah transfusional di kantong. Mari kita perhatikan itu.

Washed: Proses ini dilakukan untuk menghilangkan protein tambahan yang dapat menyebabkan kekebalan tubuh dimediasi oleh reaksi terhadap produk darah. Biasanya digunakan untuk pasien dengan riwayat reaksi transfusi yang parah dan orang-orang dengan kekurangan kekebalan langka. Produk-produk ini biasanya memakan waktu lebih lama untuk mendapatkannya dari bank darah dan memiliki kedaluwarsa jauh lebih pendek (beberapa jam).

Leukoreduced: Mungkin bisa disebut juga leukosit dikurangi atau leukodepleted. Proses penyaringan ini membantu untuk menghilangkan sebagian besar leukosit (sel darah putih), yang diperlukan untuk pasien onkologi, pasien transplantasi dan mengurangi risiko sitomegalovirus (CMV) transmisi. Banyak unit PRBC dan PLT sekarang ditandai CMV negatif juga.

Irradiated: Proses ini melibatkan menggunakan radiasi untuk membunuh leukosit, juga digunakan untuk orang-orang yang imunnya kebal, mencegah paparan leukosit ini dapat meminimalkan komplikasi masa depan seperti penyakit graft versus host (GVHD).

Antigen Negatif: Anda mungkin melihat sesuatu seperti "C, E, K Negatif" atau "fenotip cocok" pada unit transfusi. Ini berarti unit telah diuji untuk antigen tertentu. Hal ini dapat digunakan untuk pasien yang telah menerima beberapa transfusi dan mungkin mulai mengembangkan antibodi, menyebabkan reaksi transfusi. semacam ini unit biasanya diberikan kepada pasien onkologi dan orang-orang dengan penyakit sel sabit.

Kesimpulan

Wah! Apakah Anda percaya saya? Sekarang kita telah mengulas semua itu, mari kita membawa salah satu topik favorit saya yang berkaitan dengan transfusi, sebagai sumbangan! Jika Anda mengetahui, silakan mempertimbangkan atau menyumbangkan ide ke bank darah atau unit transfusi darah ditempat Anda. Saya dapat memberitahu Anda jumlah produk darah yang diberikan setiap hari. Tampaknya selalu ada kekurangan produk darah yang tersedia dan tergantung pada karunia tuhan untuk menyelamatkan hidup manusia. Silahkan, menyebarkan berita kepada keluarga, rekan kerja dan teman-teman.(Ashley Hay, BSN, RN/ allnurses.com)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini