WHAT'S NEW?
Loading...

Kenali Makanan Mengandung Rodhamin B, Zat Pewarna Berbahaya| Bloggout

Pengakuan pedagang yg menjual kuliner mengandung rodhamin b tadi, tidak mengetahui bahwa zat pewarna yg dicampurkan kedalam makanan itu berbahaya bagi kesehatan tubuh insan. Namun, pedagang yg dimaksud dapat peringatan keras dan berjanji nir akan mengulangi lagi perbuatannya.

Sebagai rakyat yang terpapar dengan barang dagangan makanan beraneka rona, maka ada baiknya patut mewaspadai, wajib mengetahui bentuk makanan yang dicurigai mengandung Rodhamin b supaya kesehatan permanen terjaga.

Sebelum anda mengkonsumsi kuliner berbahaya mengandung Rodhamin b, usahakan juga wajib mengetahui bahaya yang akan disebabkan apabila mengkonsumsi kuliner yg mengandung Rodhamin b tersebut. Medianers akan menyajikannya sebagai berikut:

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 033 tahun 2012, jelas Rodhamin b nir boleh dipakai pada makanan, sebab Rodhamin b mengandung zat berbahaya bagi kesehatan tubuh, yang bisa mengakibatkan kanker karena Rodhamin b mengandung zat karsinogenik dan apabila ditelan sanggup menjadi racun bagi organ tubuh.

Menurut Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) ciri atau indikasi kuliner mengandung Rodhamin b adalah memiliki rona mengkilat, warna cerah dan mencolok. Kadang warna makanan mengandung Rodhamin b nir merata, apabila dikonsumsi sedikit terasa pahit.

Pertanyaanya, mengapa pedagang memakai Rodhamin b dalam makanan? Karena pewarna tekstil ini harganya terbilang murah berdasarkan pada zat pewarna makanan yg alami misalnya, memberi imbas kuning pada makanan sanggup menggunakan kunyit, buat rona hijau bisa menggunakan daun pandan,dan lain-lain.

Selain murah harganya, untuk mendapatkan dan menggunakanya juga terbilang mudah. Banyak yang menjual di pasaran. Penulis pernah punya pengalaman saat makan keripik balado. Cabe yang ada pada keripik terlihat aneh, berbongkah kecil, tidak seperti cabe. Pas penulis coba rendam dengan air, ternyata warna cabe yang menempel di keripik semakin terang, dan warna tidak luntur, liputannya silahkan baca di "Awas keripik balado mengandung bahan pewarna."

Pastinya, zat pewarna yg digunakan pada keripik tentunya berbiaya lebih murah menurut pada diwarnai dengan cabe beneran. Demikian juga rona hijau dalam cendol, bila dipakai menggunakan pewarna daun-daunan atau daun pandan, membutuhkan porto dan pengolahan yang memakan saat dibanding dengan memberi rona hijau yang mengandung Rodhamin b.

Selain murah & gampang, warna yang terdapat dalam zat pewarna tekstil mengandung Rodhamin b terlihat menarik dibanding zat pewarna makanan yg alami.

Makanan Apa saja yang banyak mengandung Rodhamin B ?

Masih menurut BPOM, bahwa pedagang nakal yang banyak mencampur Rodhamin b terdapat pada makanan jenis ini :

  1. Kerupuk
  2. Terasi
  3. Cabe merah giling
  4. Agar-agar
  5. Aromanis atau kembang gula
  6. Manisan
  7.  Sosis
  8. Sirup, minuman dan es cendol.

Apa bahaya bagi kesehatan bila mengkonsumsi makanan mengandung Rodhamin b?

Dalam senyawa Rodhamin b terdapat zat karsinogen dan klorin. Dimana klorin jika masuk kedalam tubuh mampu sebagai racun yang bisa menghambat kerja hati & ginjal. Bahkan zat karsinogen yang masih ada dalam Rodhamin b mampu pemicu terjadinya kanker hati dan menghambat organ tubuh lainnya.

Atas dasar itu, penggunaan rodhamin b dalam kuliner sangat tidak boleh keras. Tetapi, masih ada pedagang yang nir mengetahui akan bahaya zat pewarna tekstil ini jika dicampur dalam makanan. Dan, sangat disayangkan bagi pecahan nakal yg sudah mengetahui bahaya berdasarkan Rodhamin b akan tetapi masih mencampur pada kuliner yg dijualnya. Pedagang jenis ini, telah sepantasnya diberi hukuman setimpal.

Meskipun ada pengawas obat dan kuliner yang mengontrol & mencegah akan penggunaan Rodhamin b pada makanan, kita sebagai warga tetap waspada dan hati-hati membeli & mengkonsumsi kuliner yg ada di pasaran. Apa lagi selama ramadhan ini, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan jenis aneka minuman dan makanan yg tidak kita ketahui apa komposisi yang terkandung pada kuliner yang mereka jual.

Hendaknya, buat meminimalisir supaya tidak terkecoh, penggunaan Rodhamin b dalam makanan bisa kita kenali melalu warna yg mencolok, mengkilat dan bersinar. Untuk itu, sebagaimana pesan bang napi. " Waspadalah ! Waspadalah." (AntonWijaya/ Ilustrasi by newsfashionista.Com )

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini