WHAT'S NEW?
Loading...

Bagaimana Cara Mengelola Persepsi ?| Bloggout

Medianers ~ Jika dilihat sepintas lalu, gambar di atas menyerupai wajah seseorang. Namun, jika diperhatikan dengan seksama ternyata gambar tersebut adalah beberapa tangkai bunga yang daunnya akan dihinggapi oleh kupu-kupu.

Objek/gambar di atas cukup fenomenal, yakni bisa memunculkan penafsiran tidak sama setiap orang yang melihatnya. Penafsiran ini adalah persepsi, & persepsi biasanya di pengaruhi sang pengalaman, situasi mental, seperti emosi, mood dan perasaan. Persepsi pula ditentukan oleh waktu & tempat.

Jadi persepsi bisa diartikan bagaimana tanggapan, pandangan seorang terhadap sesuatu sehingga beliau memiliki penafsiran tersendiri terhadap informasi atau objek apa yang beliau lihat, dengar dan rasakan.

Bagaimana Cara Mengelola Persepsi

Persepsi dapat dikelola menggunakan baik, bilamana objek yg ditinjau, dipandang dari banyak sekali sudut pandang. Jika mengamati secara sepihak maka akan melahirkan 1 penafsiran saja. Tapi, bila dilihat menurut aspek lain, maka akan menghadirkan pengertian lain yg belum tentu sinkron maknanya dengan penafsiran pertama.

Demikian juga halnya ketika dibawa dalam kehidupan nyata, bilamana tidak hati-hati mengelola persepsi maka bisa saja hadir sebuah "praduga" yang belum tentu benar. Sebab bila dipandang dari sudut lain, mungkin akan menghadirkan pengertian berbeda. Kesimpulan, dalam menyimpulkan suatu objek atau informasi, idealnya mengamati dan menelaah dari berbagai sudut pandang.(AW)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini