WHAT'S NEW?
Loading...

Kista Coklat| Bloggout

Medianers ~ Banyak wanita penasaran serta bertanya apa itu Kista coklat? Kista coklat adalah salah satu dari beberapa jenis kista pada indung telur (ovarium) yang terletak di dekat organ rahim (uterus). Kista coklat juga dikenal dengan sebutan endometrioma.

Kista coklat adalah sebuah kantong tumbuh di ovarium yang berisi cairan darah yang berwarna merah kecoklatan. Kadang-kadang berbentuk balon padat, dalam hal ini dapat disebut sebagai kista ovarium kompleks. Di dalam kantong kista coklat masih ada darah tua gelap yg menyerupai rona kecokelatan.

Bagaimana cara kista coklat mampu berkembang?

Wanita yang mengalami endometriosis, yaitu saat sel/jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Endometrium adalah lapisan terdalam rahim, tempatnya menempelnya sel telur yang telah dibuahi. Sel endometrium dapat membentuk kista kecil, yang kemudian berkembang biak menjadi kista, bahkan perkembangan kista semakin bertambah jika dirangsang oleh hormon menstruasi.

Jutaan wanita akan terpengaruh oleh kista coklat setiap tahun. Sekitar 5 hingga sepuluh persen berdasarkan seluruh wanita akan memiliki satu pada beberapa titik selama hidup mereka. Salah satu perkara kritis dengan kista coklat merupakan akan berulang balik (residiv) meskipun telah dibuang.

Pengaruh keseburan dan hehamilan waktu mengalami kista coklat

Banyak wanita yg tertarik untuk mengetahui apakah kista coklat akan mencegah atau mengganggu kehamilan. Hal ini dimungkinkan bagi seseorang wanita buat permanen hamil bahkan tanpa mengangkat kista coklat tersebut. Kemungkinan menjadi subur permanen ada, bila hanya terdapat satu kista dalam ukuran kecil.

Hal demikian pernah penulis temukan waktu sectio caesaria (sc), bahwa pasien yg dioperasi terdapat kista coklat pada perutnya. Tetapi, jika seorang perempuan mengalami kista coklat pada ke 2 ovariumnya, kemungkinan buat hamil akan terganngu. Sebab, produksi sel telur akan mengalami gangguan.

Tanda dan Gejala Kista coklat

Tanda-tanda-tanda kista coklat adalah perempuan akan mengalami kram perut atau pembengkakan selama daur menstruasi hal tadi adalah gejala yg sangat umum dirasakan wanita ketika mengalami kista.

Tanda lain dari kista adalah rasa nyeri juga bisa dirasakan waktu pengosongan perut atau kandung kemih. Hubungan badan dan kegiatan fisik lainnya seperti berolahraga atau membungkuk dan peregangan akan terasa menyakitkan. Dalam beberapa perkara kista bisa menekan ovarium yang menyebabkan rasa sakit luar biasa.

Jika kista coklat pecah pula bisa sebagai sumber rasa sakit yang parah. Jika kista coklat pecah mampu tumpah keluar tentang ovarium dan organ lainnya. Hal ini bisa menyebabkan komplikasi misalnya adhesi (perlengketan dan jaringan parut), infeksi, & nyeri panggul. Apa apabila kista pecah bisa sebagai darurat medis yg berfokus & tindakan operasi wajib dilakukan segera.

Perdarahan di luar siklus menstruasi biasanya adalah gejala lain dari kista coklat. Seorang wanita mungkin melihat pendarahannya terjadi pada waktu yang 'aneh' atau keluar bercak di antara periode. Wanita pasca-menopause yang memiliki perdarahan juga harus curiga tentang keberadaan kista. Perdarahan yang berlebihan dan bentuk berwarna gelap keluar dari kemaluan adalah gejala lain yang mungkin dari tanda-tanda adanya kista coklat.

Pengobatan Kista Coklat

Pengobatan kista coklat termasuk menggunakan konsumsi obat-obatan dan tindakan operasi. Obat dapat membantu dalam menghilangkan gejala ad interim, tetapi tidak mengobati atau sahih-sahih sanggup menghilangkan kista berdasarkan tubuh anda.

Tindakan Operasi acapkali direkomendasikan, namun juga memiliki kekurangan yakni jaringan ovarium yg sehat kemungkinan terbawa ketika mutilasi kista. Sehingga mengakibatkan kesempatan buat hamil tertutup bilamana galat satu ovarium lagi mengalami gangguan.

Terkadang galat satu ovarium harus dikeluarkan atau dipotong ketika mengangkat/ membuang kantong kista , tergantung pada ukuran & jumlah kista. Komplikasi lain mungkin pula hasil berdasarkan operasi seperti adanya jaringan parut, adhesi, dan luka dalam rektum atau kandung kemih.

Pilihan terbaik saat ini tindakan membuang kista adalah tindakan laparaskopi, yang mana memungkinkan sangat sedikit mencederai yang dikenal dengan tindakan pembedahan minimal invasif. Dengan harapan komplikasi seperti adhesi, dan luka pada rektum atau kandung kemih bisa terhindar.

Terakhir, bagi anda yang membaca artikel ini, dan mengalami tanda gejala seperti yang telah penulis sampaikan di atas, sebaiknya segera periksakan kesehatannta ke dokter ahli kandungan untuk dilakukan pemeriksaan seperti USG, serta tindakan apa yang sebaiknya yang anda butuhkan. Demikian, dihimpun dari berbagai sumber.(AntonWijaya)

Baca Juga :Rekaman Kecanggihan Bedah Robotik Pengangkatan Rahim (Histerektomi)
Istilah kata kunci pencarian, kista coklat, penyebab kista, gejala kista,obat kista,penyebab penyakit kista,obat kista alami,cara mengobati kista, penyakit kista pada wanita, obat kista ovarium,kista rahim,pengobatan kista dan obat penyakit kista.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini