WHAT'S NEW?
Loading...

Peran Perawat di Kamar Operasi| Bloggout

Medianers ~ Ini sebuah pertanyaan klasik dan sering diajukan oleh orang awam pada teman saya, pertanyaanya adalah, " apa sih tugasmu di Kamar Operasi itu," ucap Yuri (34), Perawat di Instalasi Bedah Sentral, RSUD Ahmad Darwis, Suliki, Sumatera Barat, menirukan pertanyaan dimaksud.

Sambil menghela nafas, Yuri melanjutkan, " saya sedikit sulit menjelaskannya pada orang yang bertanya tersebut, soalnya mindset yang tertanam di benak orang awam, tugas Perawat di OK (sebutan kamar operasi) hanya sebagai 'tukang lap' keringat dokter. Karena di sinetron Indonesia menyiarkan seperti itu," jelasnya.

Jadi, sebenarnya apa sih tugas & kiprah Perawat di Kamar Operasi?

Pembaca budiman ! Yuri, nir mengungkapkan, seperti apa kelanjutan cerita menggunakan temannya. Tetapi, Medianers tertarik mengulas itu, buat diterbitkan, yg mana kiprah & tugas primer Perawat pada Kamar Operasi itu merupakan, menjamin kelancaran jalannya pembedahan.

Maksudnya, berdasarkan A sampai Z sistematis kerja pembedahan sanggup diketahui Perawat di Kamar Operasi, karena setiap hari mereka terpapar menggunakan tindakan pembedahan. Namun, tidak seluruh tindakan yang boleh dilakukan Perawat pada Kamar Operasi. Terkait dengan kewenangan klinis. Bahwa, pelaku primer dari tindakan pembedahan atau operasi adalah dokter pakar, lantaran tanggung jawab dan tanggung gugat terletak pada pundaknya. Demikian juga aturan aturan, dokter pakar pulalah yang berwenang melakukan tindakan pembedahan (invasif), bukan Perawat.

Namun, dalam situasi tertentu, Perawat sanggup melakukan tindakan atau melanjutkan pembedahan tanpa adanya dokter, manakala saat sedang operasi dokter pakar mengalami gangguan kesehatan, sehingga jatuh kelenger, dan tidak bisa melanjutkan operasi. Sementara penggantinya tidak terdapat pada tempat tinggal sakit setempat, dan pasien sedang pada atas meja, maka Perawat dari delegasi boleh melanjutkan tindakan pembedahan, karena Undang- Undang mengaturnya, silahkan baca pada hukum online, Perawat mengambil tugas dokter dalam rangka menyelamatkan nyawa pasien pada keadaan darurat.

Lalu, apa tugas dan peran Perawat dari A sampai Z itu? Kalau dibaca narasi di atas, Perawat hanya bertugas sebagai 'ban serap' penyelamat dari pesawangan. Ya, tidak juga demikian, sebetulnya tugas Perawat Kamar Operasi, jika ditinjau dari SOP tiap rumah sakit, Job of description Perawat di Kamar Operasi itu adalah secara teknis menyiapkan keperluan pembedahan, seperti pre operasi, menyiapkan alat habis pakai, menyiapkan instrumen steril, hingga keperluan peralatan dan perlengkapan siap untuk dioperasionalkan.

Sedangkan secara profesionalnya, Perawat melakukan pengkajian, memprioritaskan kasus keperawatan dan merencanakan tindakan keperawatan dalam pasien menjelang operasi, tentunya menurut format asuhan keperawatan yg pada didokumentasikan pada file pasien.

Di intra operasi, Perawat berperan sebagai assisten dan scrub (mengelola dan mengatur instrumen operasi). Seperti, jika dokter membutuhkan gunting, maka diberi gunting, jika dokter ingin menjahit diberi Needle holder dan benang, serta seterusnya hingga operasi selesai.

Sedangkan Perawat bertugas sebagai asisten memiliki peran melancarkan jalannya pembedahan. Misal, menguak lokasi pembedahan, sebagai akibatnya dokter (operator) mudah melakukan tindakan. Dan assisten tanpa diperintah telah tau apa yang akan ia lakukan (sistematis kerja), begitu pula scrub nurse, telah tau apa instrumen yg akan beliau berikan, baik kepada operator maupun pada assisten. Hingga operasi sebagai lancar tanpa kendala.

Di Intra Operasi, Biasanya dokter hanya tinggal menyayat lokasi operasi saja, sebab segala sesuatunya telah disiapkan oleh Perawat. Dan sesudah operasi selesai, dokter pun meninggalkan pasien, maka Perawatlah yang membereskan pasien hingga pasien pindah ke ruang pemulihan.

Masuk pada post operasi. Di post operasi, Perawat masih menjalankan kiprahnya, menjaga, merawat & menelaah tanda-indikasi vital serta menjalankan Asuhan Keperawatan. Kira-kira demikianlah tugas & kiprah Perawat dewasa ini pada kamar operasi.

Yang dipertontonkan di televisi bahwa, Perawat menyeka keringat dokter tidak ada. Sebab, suhu di ruangan kamar operasi itu standarnya 18-20 derajat celcius, jadi tidak mungkin orang-orang yang ada di dalam kamar operasi berkeringat, malahan yang ada menggigil karena kedinginan. Mungkin, dahulu kala pada zaman 'batu ' sebelum adanya Air Conditioner (AC), mungkin bisa saja terjadi.

Demikianlah sedikit tentang Peran dan tugas Perawat pada Kamar Operasi, & peran Perawat saat pembedahan yang dapat Medianers sampaikan. Bilamana ada yg mengganjal pada hati pembaca, silahkan sampaikan pada kotak komentar buat kita diskusikan. Seandainya menarik, silahkan dibagikan dalam yang lainnya. (AntonWijaya).

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini