WHAT'S NEW?
Loading...

Akibat Kekurangan Yodium dan Cara Mencegahnya| Bloggout

Medianers ~ Yodium diperlukan untuk hormon tiroid yang mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan metabolisme dan penting untuk mencegah gondok dan kretinisme. Asupan yang tidak memadai dapat menyebabkan perkembangan intelektual terganggu dan pertumbuhan fisik. Berbagai gangguan yang dihasilkan dari kekurangan yodium disebut sebagai gangguan kekurangan yodium.

Sebagian besar individu kekurangan yodium akan mengalami retardasi mental ringan. Penurunan kemampuan mental dan kapasitas kerja. Kekurangan yodium dikaitkan menggunakan peristiwa penyakit menular, dan studi melibatkan kekurangan yodium sebagai keliru satu penyebab kematian. Lantaran itu, beberapa kematian anak bisa dikaitkan dengan kekurangan yodium.

Prevalensi defisiensi yodium acapkali diperkirakan dari prevalensi penyakit gondok. Kekurangan yodium dianggap kasus kesehatan masyarakat bila gondok terdeteksi lebih dari 5 % berdasarkan penduduk usia sekolah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, tingkat gondok pada anak usia sekolah melebihi 5 persen di 130 negara, menempatkan 2.225.000 orang berisiko Iodine Deficiency Disorders (IDD) atau Kekurangan yodium. Prevalensi tinggi Kekurangan yodium terjadi di Eropa Timur dan Asia Tengah, Timur Tengah dan Afrika Utara, Asia Selatan, dan Afrika (WHO 1999).

Siapa Saja Resiko Tinggi Kekurangan Yodium

Kekurangan yodium ditemukan dalam orang yg tinggal pada wilayah pegunungan. Hal ini disebabkan karena orang pegunungan sangat tergantung dalam hasil perkebunan dan output yang mereka tanam menjadi bahan konsumsi utama, sedangkan tak jarang tanah yang mereka pakai buat menanam flora mengandung kadar yodium yang rendah.

Kekurangan yodium jua beresiko dialami bunda hamil, anak bayi dan balita dan anak yg masih sekolah & wanita yg masih pada usia subur. Oleh karena itu, yodium adalah galat satu kebutuhan nutrisi manusia yg wajib dipenuhi karena sangat penting.

Tanda Kekurangan Yodium

Sering mengalami kelelahan, mengantuk atau lesu yang terjadi secara monoton setiap saat. Kelelahan kronis merupakan pertanda menurut rendahnya hormon tiroid, suatu hormon yang berperan memberikan tenaga bagi tubuh, & seringkali disertai menggunakan kelelahan otot secara datang-datang.

Paling kas pertanda kurang yodium pada tubuh adalah dapat mengakibatkan pembesaran tiroid, yang umumnya mengakibatkan benjolan pada leher, masyarakat awam sebut 'gondok'. Kemudian, kekurangan yodium juga bisa pemicu gangguan emosional dan imun tubuh yang rendah.

Cegah Dengan Sumber Makanan yg mengandung Yodium

Cara Mencegah Kekurangan yodium sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium, makanan yang mengandung yodium diantaranya : Ikan sarden,ikan salmon, cumi-cumi, ikan tuna, kerang, lobster, sayuran, susu, dan telur serta garam beryodium. Selanjutnya konsultasikan pada ahli gizi anda atau ke pelayanan kesehatan terdekat, bila mengalami tanda-tanda kekurangan yodium atau berada pada daerah resiko tinggi mengalami kekurangan yodium.(AW)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini