WHAT'S NEW?
Loading...

Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan| Bloggout

Di bulan ramadan jua pada ajarkan bagaimana seorang menunda diri menurut amarah, benci, bengis & dendam. Termasuk menjaga ekspresi dari pergunjingan, dan menahan diri dari minum makan, kecuali ketika berbuka dan sahur sudah datang.

Selama puasa di bulan ramadan umat muslim jua wajib menjaga hawa dan nafsu berdasarkan godaan binalnya kehidupan global. Menjaga mata berdasarkan pandangan nir senonoh, menjaga hati berdasarkan sifat ria dan sombong, termasuk menjaga langkah, menghindari perbuatan maksiat.

Di bulan ramadan yang berkah ini, sangat bermanfaat pula bagi kesehatan, seperti mengendalikan kolesterol misalnya. Serta mengatur kerja serta mengistirahatkan sistim pencernaan di siang hari. Lambung dan usus yang biasanya selama 11 bulan bekerja full time di siang hari, selama ramadan akan dapat beristirahat sejenak dari pagi hingga senja.

Di bulan penuh berkah ini, jiwa dan raga manusia diatur, dikelola  sesuai ajaran islam, ajaran yang tidak bertentangan dengan ilmu kesehatan, belum ada teori yang menyatakan bahwa orang menderita penyakit maag akan kambuh di bulan ramadan jika ia berpuasa. Dan, belum ada pula teori yang mengungkapkan penderita diabetes melitus gula darahnya menjadi tidak stabil gara-gara berpuasa.

Malahan kebalikannya, orang dengan diabetes melitus dianjurkan berpuasa buat mengendalikan kadar gula pada darahnya, demikian juga pasien yg akan pada operasi nir dipandang apa agamanya, akan tetapi di anjurkan puasa selama 8-12 jam menjelang pembedahan yg tujuannya buat mengistirahatkan dan mengosongkan isi lambung & usus.

Demikianlah manfaat luar biasa puasa, umat muslim ternyata sudah diatur bagaimana menjalani kesehatan yg baik, yakni 1 bulan penuh, selama bulan ramadan, kurang lebih 30 hari menahan haus dan lapar, menahan hawa nafsu, menunda diri dari perbuatan maksiat, dan perbuatan tercela lainnya. Maka manfaatkanlah selama bulan ramadan ini menjalaninya menggunakan total tanpa kecuali supaya balik fitrah, dan suci berdasarkan segala penyakit serta keburukan mental lainnya.(AntonWijaya)

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini