WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya | Bloggout

Jenis-Tanaman-Obat-dan-Manfaatnya

[ 14/03/2020 09:23:03 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:23:03, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya:

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Pantangan Untuk Ibu Hamil yang Harus Anda Ketahui

Nah itulah beberapa jenis tum*uhan obat yang dapat Anda manfaatkan.

Umumnya tum*uhan ini memilki rasa pahit dan juga beracun. Akan tetapi jika digunakan dan diolah dengan baik tum*uhan obat ini sangat ampuh buat mengatasi penyakit diabetes melitus. Ini karena buah ini memiliki zat yang baik buat menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, buah ini juga mampu buat mengatasi kanker serviks.

Buah Makasar

Berikutnya ialah jarak. Di Jawa Barat jarak disebut juga Kaliki, Kalek di Madura dan Dulang di Sumatera. Tanaman yang memiliki nama latin Ricinus Communis ini bijinya terasa manis, pedas walau netral. Biji jarak terkadang digunakan buat obat rematik, hernia, TBC dan masih banyak lagi. Ketika ingin memanfaatkan tum*uhan obat yang satu ini Anda harus berhati-hati karena mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menimbulkan keracunan.

Jarak

Sudah sejak zaman dahulu lidah buaya dipercaya sebagai bahan perawatan kecantikan dan juga obat. Lidah buaya sangat ampuh buat mengatasi herpes maupun penyakit kulit lainnya. tak hanya itu saja saat ini lidah buaya digunakan buat minuman segar.

Lidah buaya

Tanaman yang memiliki nama latin Eurycoma Longifolia Jack ini tumbuh di daerah Kalimantan. Obat herbal yang satu ini membantu memperbaiki kadar testosteron pada pria dan menambah gairah seksual pada pria. Tak hanya itu saja pasak bumi atau tongkat ali ini juga dapat menambah kesuburan pria. Di toko herbal, dapat Anda temui pasak bumi yang sudah berupa teh maupun kopi.

Pasak bumi atau tongkat ali

Jenis tum*uhan obat berikutnya ialah seledri. Hampir setiap orang tentunya sudah tidak asing dengan tum*uhan yang satu ini. selain digunakan sebagai penyedap rasa, manfaat daun seledri juga sangat bagus digunakan sebagai obat alami. Hal ini dikarenakan daun seledri kaya akan vitamin,  nutrisi serta zat baik yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Misalnya saja daun seledri dapat digunakan sebagai obat asam urat. Caranya pun sangat mudah yaitu rebus beberapa daun seledri dengan segelas air lalu minum setiap pagi.

Seledri

Daun dewa ini merupakan tum*uhan yang tergolong pada tumbuhan semak yang hidup pada ketinggian 0-1000 meter diatas permukaan laut. Daun dewa memiliki efek farmakologis yang berguna buat mempermudah dan mempercepat pembekuan darah, menghilangkan panas, dan membersihkan racun.

Daun Dewa

Tanaman yang lebih dikenal orang jawa dengan nama “sambang geteh“ ini memiliki kandungan banyak mineral, kalsium, natrium dan masih banyak lainnya. Dipercaya memiliki manfaat buat mengatasi berbagai penyakit diantaranya diare, batu ginjal, kecing manis, ambien, maag, liver dan penyakit kronis lainnya.

Keji Beling

Jahe jika dilihat sekilas memang seperti temulawak, tapi jahe cenderung memiliki serat yang kasar. Jahe memiliki kandungan senyawa oleoresin yang bersifat sebagai antioksidan. Jahe sering digunakan buat obat buat masuk angin, sakit kepala, meredakan rasa nyeri akibat terkilir.

Jahe

Tanaman obat berikutnya ialah temulawak. Sudah tidak menjadi rahasia umum jika temulawak dapat digunakan sebagai tum*uhan obat. Temulawak sejak jaman dahulu sering kali digunakan buat salah satu obat yang berguna buat mencegah penggupalan darah, menurunkan lemak darah , sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Terkait dengan manfaatnya yang nyata dibuktikan dengan gerakan pemerintah “minum temulawak“ sejak 2 tahun yang lalu.

Temulawak

Sambiloto merupakan sejenis tum*uhan yang berasal dari keluarga acanthaceae yang pertama kali ditemukan di India dan Srilanka. Daun sambiloto ini memiliki manfaat bagi kesehatan salah satunya sangat dipercaya mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Selain itu daun sambiloto ini juga digunakan sebagai obat tradisional penyakit polip. Manfaat lain dari daun ini yaitu buat menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, hal ini dikarenakan memiliki kandungan andrographolide.

Sambiloto

Tanaman ini dapat Anda temukan di pedesaan yang merupakan salah satu tum*uhan obat yang banyak di manfaatkan sejak dulu sebagai obat buat mengatasi penyakit seperti menghilangkan rasa gatal, menyembuhkan kesemutan, menyembuhkan luka bakar dan lain-lain. Selain itu kunyit juga berguna sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor dan membantu menurunkan kadar lemak darah.

Kunyit

Jenis tum*uhan obat dan manfaatnya yang harus Anda ketahui

Tapi selain mengetahui berbagai macam tum*uhan obat Anda juga perlu juga mengetahui manfaatnya. Nah supaya dapat mempermudah Anda mengetahui macam-macam tum*uhan obat dan manfaatnya, berikut ini akan kami rangkum dalam penjelasan pada artikel berikut ini.

Indonesia ialah salah satu negara agraris yang sangat terkenal sekali akan kekayaan rempah-rempah dan  tum*uhan obat. Mengetahui tentang jenis tum*uhan obat memang sangat penting, hal ini dikarenakan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Pasalnya, penggunaan tum*uhan obat sebagai salah satu bahan alami penyembuhan yang sudah dipercaya sejak dulu yang dilakukan oleh nenek moyang.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini