WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet | Bloggout

Makanan-Pengganti--Nasi-Untuk-Diet

[ 14/03/2020 09:25:45 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:25:45, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet:

Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Jenis Olahraga Untuk Mengencangkan Perut

Nah itulah beberapa makanan pengganti nasi buat diet yang dapat Anda coba.

Gembili merupakan rimpang yang dapat mengenyangkan perut. Gembili kaya akan nutrisi seperti vitamin V, vitamin C, karbohidrat, lemak, protein, kalori, fosfor, kasium, zat besi dan lainnya. Aan tetapi cara mengolah yang salah dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya menjadi gtal-gatal.

Gembili

Umumnya kadar karbohidrat pada sukun lebih tinggi dari nasi, akan tetapi kadar kalori yang ada pada sukun lebih rendah. Sehingga sangat cocok digunakan buat diet. Kandungan Indek Glikemik pada sukun bisa membantu Anda buat mengendalikan kadar gula dalam darah. Sehingga dapat menghindarkan Anda dari penyakit diabetes. Namun tak hanya itu saja selain dapat digunakan sebagai menu diet, sukun juga baik buat menjaga kesehatan organ jantung serta ginjal.

Sukun

Sudah menjadi rahasia umum jika jagung kaya akan manfaat yang dapat memberikan energi bagi tubuh buat beraktivitas. Tak hanya karbohidrat, jagung juga mengandung mineral, vitamin B serta antioksidan yang baik buat menjaga kesehatan. Saat ini cara mengolah jagung tak hanya direbus saja, Anda bisa mengolahnya dengan ccara dikukus, direbus, digunakan buat sup jagung dan masih banyak lagi.

Jagung

Banyak orang yang menganggang pasta merupakan salah satu jenis makanan junk food yang berbahaya bagi tubuh, akan tetapi makanan pengganti nasi yang satu ini merupakan salah satu makanan rendah lemak yang berguna buat menjaga berat badan tetap proporsional. Jika dibandingkan dengan nasi, pasta memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman buat dikonsumsi.

Pasta

Berikutnya ialah talas. Talas merupakan salah satu jenis oleh-oleh khas Bogor yang kaya akan vitamin dan juga nutrisi. Mulai dari karbohidrat, protein dan serat yang cukup tinggi. Kandunga karbohidrat dalam talas berupa pati dan memiliki sifat yang mudah dicerna. Tak hanya dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam setiap harinya, mengonsumsi talas juga dapat mencegah penyakit jantung, darah tinggi serta dapat menjaga tubuh tetap ideal.

Talas

Makanan yang satu ini memang sudah sangat populer dikalangan masyarakat, walau tidak begitu banyak dari mereka yang tahu jika kentang dapat digunakan sebagai pengganti nasi. Sebenarnya kentang memiliki GI cukup tinggi sebanding dengan nasi jika cara mengonsumsinya yang salah. Cara mengonsumsi kentang yang benar dan sehat ialah dengan cara direbus. Dibanding dengan nasi kentang lebih banyak variasi nutrisi dan serat dengan kalori yang lebih kecil. Selain itu kentang juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dimana berfungsi buat membantu mempercapat menurunan berat badan.

Kentang

Makanan penganti nasi buat diet yang ke-2 ialah ubi jalar. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Nutrisionis Amerika Serikat, mengatakan bahwa ubi jalar (sweet potato) sebagai hidangan yang dapat menjadi pengganti nasi. Selain itu ubi jalar juga dapat berfungsi buat membantu proses penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan ubi jalar memiliki kandungan GI   sangat rendah yakni 54. Bukan hanya itu saja, ubi jalar juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yaitu kalsium, zat besi, karbohidrat, fosfor dan masih banyak lagi lainnya.

Ubi Jalar

Menu diet pertama yang berfungsi buat menggantikan nasi ialah singkong. Makanan yang satu ini memang sering  dianggap degan makanan kelas bawah. walaupun begitu ternyata singkong merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan nilai GI lebih rendah dibandingkan nasi putih yaitu dibawah 55. Selain itu singkong juga memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, fosfor, kalsium, protein, vitamin dan tinggi serat. Kandungan serat yang tinggi pada singkong dapat berfungsi buat membantu proses penurunan berat badan dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Singkong

Oleh karena itulah mengapa nasi putih sangat tidak disarankan terlalu banyak dikonsumsi oleh mereka yang tengah melakukan progam diet. Nah berikut ini akan kami jelaskan mengenai makanan yang dapat menggantikan nasi buat diet atau makanan yang memiliki glycemic indekx (GI) rendah, adapun penjelasannya ialah sebagai berikut:

Namun salah satu cara yang amat mujarab ialah  mengurangi asupan nasi putih.  Mengurangi asupan nasi putih bukan tanpa alasan, kenapa? Hal ini dikarenakan nasi putih memiliki indeks glikemik amatlah tinggi. Indeks glikemik ialah ukuran kecepatan makanan diserap oleh tubuh menjadi gula darah. Untuk kadar normal GI yang tidak menimbulkan obesitas ialah dibawah 7, sedangkan  nasi putih memiliki GI mencapai 88-89.

Jika Sebelumnya kita telah berbagi tips kesehatan seputar makanan pengganti nasi buat penderita diabetes. Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hal ini. Semua orang khususnya perempuan tentu saja mendambakan bentuk badan yang langsing dan ideal. Maka wajar sekali bagi mereka yang banyak melakukan berbagai cara buat mendapatkan bentuk badan yang seperti mereka inginkan. Untuk menurunkan berat badan memang banyak cara yang dapat dilakukan.

0 comments:

Post a Comment