WHAT'S NEW?
Loading...

Mari Mengenal Jenis dan Jadwal Imunisasi Anak Paling Lengkap | Bloggout

Inilah-Jenis-dan-Jadwal-Imunisasi-Anak-Paling-Lengkap

[ 14/03/2020 09:24:53 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Inilah Jenis dan Jadwal Imunisasi Anak Paling Lengkap" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:24:53, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Inilah Jenis dan Jadwal Imunisasi Anak Paling Lengkap:

Urutan imunisasi dasar yang harus diberikan pada anak

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Inilah Jenis dan Jadwal Imunisasi Anak Paling Lengkap" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Cara Menambah Berat Badan Janin di  Dalam Kandungan

Nah itulah beberapa jenis dan jadwal imunisasi anak paling lengkap.

Hingga saat ini belum ada obat buat menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan yang tepat buat penyakit polio ialah penguatan sistem imun. Pasien mungkin akan dianjurkan buat beristirahat di rumah dan olahraga otot buat mencegah masalah persendian. Sedangkan buat pencegahan hindari berdekatan dengan penderita polio dan melakukan suntik vaksin polio.

Pengobatan buat Polio

Dan beberapa kasus, virus PV akan masuk ke aliran darah dan menyebar ke sistem saraf. Oleh karena itu sangat penting sekali melakukan dan mengetahui jadwal imunisasi anak.

Anda bisa tertular PVlewat percikan ludah saat batuk maupun bersin. Anda juga bisa tertular penyakit ini lewat makanan maupun minuman yang terkontaminasi oleh kotoran atau percikan ludah yang mengandung virus polio. Setelah virus tersebut masuk ke dalam mulut, PV akan berjalan ke tenggorokan dan turun ke perut. Di perut virus tersebut akan tumbuh biak.

Ketahuilah Penularan Virus Polio Berikut Ini

Akan tetapi polio juga dapat mengakibatkan kelumpujhan permanen dan jika virus ini sampai menyerang otot pernapasan penderita polio bisa mengalami kematian.

Dan biasanya gejala-gejala tersebut akan hilang sesudah satu minggu. Kelumpuhan yang diderita penderita polio biasanya hanya bersifat sementara dan perlahan-lahan gerak motorik otot akan pulih dalam beberapa minggu maupun bulan.

Umumnya penderita polio tidak mengalami maupun merasakan gejala awal apapun. Namun walau demikian Anda harus tetap mengetahui gejala yang ditimbulkan oleh virus ini. Flu merupakan gejala awal dari penyakit polio. Gejala flu yang dimaksud ialah flu di sertai demam tinggi, pusing, tidak enak badan, lesu, sakit perut, nyeri otot, sakit tenggorokan dan juga pusing.

Selain hepatitis dan campak, polio merupakan jenis penyakit menular yang dikarenakan oleh virus PV atau poliovirus. Virus tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melalui mulut yang kemudian akan menginfeksi saluran usus. Virus ini juga dapat memasuki sistem aliran darah dan mengalir ke sistem saraf pusat. Sehingga dapat mengakibatkan melemahnya otot.

Mengenal Penularan Polio dan Gejala yang Ditimbulkan

Ketika anak sudah kelas 1 Sekolah Dasar, ia juga harus mendapatkan imunisasi DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus). Ketika anak sudah kelas 2 Sekolah Dasar, ia harus diberi suntikan DT (Difteri dan Tetanus) dan yang terakhir ialah saat ia menginjak remaja yaitu usia 10 hingga 18 tahun ia harus mendapatkan imuniasi DT.

Imunisasi DPT

Sebenarnya bayi sudah mendapatkan kekebalan campak dari ibunya. Akan tetapi semakin bertambah usianya, antibodi dari ibunya juga akan semakin menurun dan membutuhkan antibodi tambahan. Manfaat imunisasi campak ini berguna agar terbebas dari virus morbili. Ketika bayi sudah  berumur 9 bulan, maka ia wajib mendapatkan imuniasi ini. dan saat bayi sudah memasuki usia 2 tahun, ia juga harus mendapatkan imunisasi campak ke-2.

Imunisasi campak

Dalam kurun waktu 2 hingga 4 bulan, bayi dipastikan harus mendapatkan kombinasi antara Pentabio yaitu kombinasi antara vaksin Difteri, Tetanus, Pertusis – Hepatitis N Rekombian – Haemophilus influenzae tipe b/Hib yang kemudian ditambah dengan vaksin polio. Di iusia tiga bulan, bayi harus diberi vaksin Pentabio ke-2 dan vaksin polio ke-2. Sedangkan pada usia empat bulan, bayi harus diberi Pentabio ke-3 dan vaksin polio ke-3. Dan saat bayi berumur 18 bulan ia juga harus mendapatkan imunisasi vaksin Pentabio ke -4.

Pemberian vaksin kombinasi

Jadwal imunisasi anak berikutnya ialah imunisasi BCG. Pemberian vaksin BCG dilakukan pada saat memasuki usia satu bulan. Vaksin ini berguna buat melindungi ketahanan bayi terhadap penyakit TB (Tuberkulosis).

Imuniasi BCG (Bacillus Celmette-Guerin)

Ketika akan pulang ke rumah, bayi juga harus diberikan vaksin polio. Pemberian imunisasi polio berguna buat menghindarkan bayi terhadap serangan virus polio yang dapat mengakibatkan kelumpuhan.

Imunisasi polio

Saat bayi baru lahir, tepatnya 6 jam pertama atau maksimal 12 jam sesudah lahir sebaiknya bayi harus diberi vaksin hepatitis B ini. Pemberian vaksin ini merupakan salah satu cara buat mencegah masuknya virus faktor hepatitis B (VHB). Seperti yang Anda ketahui saat tubuh terserang hepatitis B ini dapat mengakibatkan penyakit pada hati, salah satunya yaitu kanker hati.

Imunisasi hepatitis B

Seperti yang kita ketahui antibodi yang terbentuk sesudah imunisasi memiliki peranan buat melindungi tubuh dari serangan mikroorganisme. Inilah yang disebut dengan kekebalan aktif. Akan tetapi hingga saat ini banyak orang tua yang belum memahami vaksin apa saja yang harus diberikan dan mulai kapan. Untuk lebih jelasnya, berikut ialah jenis dan jadwal imunisasi anak paling lengkap.

Imunisasi merupakan salah cara buat mencegah penyakit menular. Umumnya imunisasi ini diberikan kepada anak sejak masih bayi hingga remaja. Melalui program imunisasi ini. tubuh akan diperkenalkan dengan virus maupun bakteri tertentu yang sudah dilemahkan atau dimatikan buat merangsang sistem imun buat membentuk antibodi.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini