WHAT'S NEW?
Loading...

Inilah Manfaat Dari Asam Jawa untuk Kesehatan | Bloggout

Manfaat-Asam-Jawa-untuk-Kesehatan

[ 14/03/2020 09:26:35 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:26:35, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan:

Manfaat asam Jawa buat kesehatan tubuh

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Inilah Sumber Vitamin D Terbaik bagi Tubuh

Demikianlah ulasan mengenai manfaat asam Jawa buat kesehatan. selain itu, asam Jawa juga memiliki manfaat lainnya, seperti mengatasi darah rendah, mengobati ambeien, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi.

Selain buat menjaga kesehatan tubuh, asam jawa juga sangat bagus dalam merawat kulit salah satunya yaitu buat mengobati jerawat. Caranya, siapkan 12 lembar daun sambiloto, kencue, daun jinta, temulawak, asam jawa, serta adas. Tumbuk bahan-bahan tersebut hingga halus dan seduh dengan menggunakan air hangat. Setelah dingin minum ramuan herbal tersebut secara rutin dan teratur sebanyak 3 kali dalam sehari.

Mengobati jerawat

Penyakit ini dikarenakan oleh virus dan biasanya penyakit campak menyerang balita. Selain melakukan pemeriksaan medis, Anda bisa mencoba menggunakan ramuan tradisonal buat mengobati penyakit ini. Caranya, siapkan 3 gelas daun jawa, garam, gula aren dan 3 iris rimpang kunyit. Bersihkan bahan-bahan tersebut lalu rebus dalam 2 gelas air. Setelah dingin, saring airnya lalu minum 2 kali sehari. Untuk mencegah penyakit campak, ada baiknya para orang tua memperhatikan jadwal imunisasi campak dan lainnya buat si kecil.

Mengobati penyakit campak

Manfaat asam jawa berikutnya ialah buat mengobati keputihan. Penyakit yang satu ini biasanya banyak diderita oleh para perempuan, terutama pada daerah keperempuanan. Bahan-bahan yang perlu disiapkan buat mengobati keputihan ialah asam jawa, kunyit, gula aren serta daun beluntas. Caranya tidak susah, haluskan kunyit dan beluntas lalu seduh dengan setengah gelas air panas. Tambahkan asam jawa dan gula aren lalu aduk hingga rata. Saring airnya lalu minum setiap malam.

Mengobati keputihan

Tahukah Anda bahwa asam jawa merupakan salah satu obat tradisional  asma paling mujarab dan mujarab yang dapat Anda coba. Untuk membuat ramuan tradisional dari asam jawa caranya pun sangat mudah, yaitu ambil 2 potong kulit pohon asam Jawa dan juga pohon adas polowaras. Lalu rebus bahan-bahan tersebut dengan 2 gelas air dan biarkan mendidih. Setelah dingin, saring airnya dan minum setiap hari.

Mengobati asma

Berikutnya ialah digunakan buat mengobati disentri. Gejala umum penyakit disentri antara lain feses yang disertai darah dan juga lendiri. Biasanya penyakit ini dikarenakan karena bakteri dan amoeba. Untuk mengatasinya, siapkan asam Jawa, kunyit dan juga temulawak secukupnya. Setelah itu haluskan ketiga bahan tersebut  lalu seduh dengan menggunakan air panas. Aduk hingga rata dan saring airnya. Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa menambahkan madu sesuai selera. Minum ramuan ini secara teratur hingga disentri yang Anda derita sembuh.

Mengobati disentri

Khasiat asam jawa berikutnya ialah dapat digunakan buat mengatasi nyeri haid. Tak jarang para perempuan yang tengah datang bulan mengalami nyeri  maupun kram perut. Selain mengompresnya dengan menggunakan air hangat, Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang satu ini. Caranya pun sangat mudah yaitu siapkan satu genggam asam Jawa yang masih muda dan kunyit secukupnya. Setelah itu, tumbuh ke-2 bahan tersebut hingga hancur dan rebus dengan segelas air. Setelah mendidih Anda bisa menyaringnya dan minum ramuan ini satu minggu sebelum haid buat mencegah nyeri perut.

Mengatasi nyeri haid

Manfaat yang ke-2 ialah buat mengobati batuk kering. Batuk kering biasanya disertai dengan rasa gatal dan perih pada tenggorokan. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini sangat menganggu. Untuk mengbati batuk kering dengan menggunakan asam Jawa caranya pun mudah, yaitu  siapkan 3 buah polong asam Jawa dan satu genggam daun saga, sesudah itu rebus ke-2 bahan alami tersebut dengan 4 gelas air. Biarkan ramuan tersebut mendidih hingga tersisa 2 gelas air. Saring, lalu minum ramuan tersebut 2 kali sehari secara teratur.

Mengobati batuk kering

Eksim merupakan salah satu jenis penyakit kulit menular yang dapat membuat penderitanya merasa gatal dan tidak nyaman. Tak hanya itu saja penyakit ini juga dapat merusak jaringan kulit sehingga kulit melepuh dan mengeluarkan nanah. Dibandingkan dengan orang dewasa eksim lebih sering menyerang bocah. Namun jangan khawatir, cobalah buat mengatasinya dengan menggunakan asam jawa. Caranya, ambil segenggam asam jawa kemudian tumbuk hingga halus, sesudah itu balurkan pada kulit yang terkena eksim. Lakukan cara ini secara teratur hingga eksim sembuh.

Mengobati penyakit eksim

Salah satu satu tum*uhan herbal yang satu ini sudah dikenal sejak lama. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, tum*uhan yang memiliki nama latin Tamarindus indica ini juga kaya akan khasiat yang baik utuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh.  Hal ini dikarenakan asam Jawa mengandung beberapa beberapa zat baik, diantaranya yaitu asam tatrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat dan juga asam asetat. Pastinya Anda penasaran kan apa saja manfaatnya? Untuk lebih jelasnya, berikut ialah manfaat asam Jawa buat kesehatan.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini