WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi | Bloggout

Makanan-yang-Baik-Dikonsumsi-Selama-Menstruasi

[ 14/03/2020 09:26:20 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:26:20, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi:

Berikut Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi

Penyebab Haid Terlambat dan Tidak Teratur

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Tubuh

Artikel lainnya Tips melancarkan menstruasi secara alami.

Demikianlah ulasan mengenai makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi dan faktor haid tidak lancar.

Latihan fisik yang terlalu berlebihan dapat mempengaruhi produksi hormon leptin. Menurut Ross, perubahan tersebut berkontribusi buat membuat siklus haid menjadi tidak teratur. Tak hanya olahraga berlebih, stres juga dapat mengakibatkan haid tidak lancar. Hal ini dikarenakan saat seseorang stres, tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak buat berhenti melepaskan hormon esterogen dan progesteron. Padahal ke-2 hormon tersebut sangat dibutuhkan dalam proses haid.

Olahraga berlebihan dan stres

Penyebab haid tidak teratur berikutnya ialah dikarenakan karena obat-obatan. Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti aspirin, pil KB dan ibuprofen dapat mengubah hormon dalam tubuh perempuan yang mengatur siklus mentruasi. Sehingga hal ini dapat mengakibatkan siklus menstruasi datang terlambat.

Obat-obatan

Tahukah Anda bahwa kegemukan juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi? Hal ini pun dijelaskan oleh dr M Nurhadi Rahman, SpOG dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, ia menyatakan bahwa jika berat bedan berlebih ada kemungkinan siklus haid menjadi tidak teratur. walaupun tidak membutuhkan penyembuhan, walau hal menurunkan berat badan ialah hal utama yang harus dilakukan.

Obesitas atau berat badan berlebih

PCOS merupakan gangguan hormonal yang terkadang menyerang perempuan di usia reprosuksi. Seorang perempuan yang mengalami gangguan ini memiliki banyak kista kecil yang terletak di sepanjang luar dari masing-masing ovarium. Hal inilah yang mengakibatkan tidak adanya ovulasi dan hormon dalam tubuh pun menjadi tidak seimbang. Akibatnya perempuan yang mengalami gangguan PCOS siklus menstruasinya tidak teratur dan menyulitkannya dalam mendapatkan keturunan.

PCOS (Polycystic ovary syndrome)

Setiap orang pastinya pernah mengalami haid tidak teratur maupun keterlambatan menstruasi dalam setiap bulannya. Menurut Dr Sherry Ross dari Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, normalnya setiap perempuan akan mengalami menstruasi  28 hari sekali. Hal tersebut pun bisa kurang maupun lebih, tergantung pada keadaan mental serta fisik masing-masing. Selain kehamilan erikut ialah beberapa hal yang mempengaruhi siklus menstruasi.

Nah, itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi. Konsumsilah makanan sehat selama menstruasi agar tubuh tetap sehat, tak gampang lelah dan juga tidak merasakan berbagai macam keluhan saat haid seperti nyeri pada perut.

Seperti yang Anda ketahui, seorang perempuan yang menstruasi pasti akan mudah lelah dan juga letih. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak berguna buat meningkatkan energi selama haid dan juga mengatur aliran menstruasi agar tetap lancar. Selain itu, daging tanpa lemak juga kaya akan zat besi yang sangat diperlukan bagi tubuh selama haid.

Daging Tanpa Lemak

Selanjutnya ialah cokelat. Sebaiknya Anda mengonsumsi cokelat yang mengandung biji kokoa sebesar 60% setiap harinya. Ini dikarenakan cokelat tersebut bisa membantu Anda buat mengurangi rasa nyeri yang menyerang Anda. Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada cokelat juga bisa membantu Anda buat mengembalikan mood Anda menjadi lebih baik.

Cokelat

Saat menstruasi makanan yang sebaiknya Anda konsumsi ialah buah-buahan. Hal ini karena buah mengandung gula alami yang akan membantu tubuh buat memenuhi kebutuhan gula yang tinggi selama menstruasi. Buah terbaik yang dapat Anda konsumsi ialah semangka. Selain menyegarkan, buah semangka juga berguna buat mengurangi kram pada perut serta dapat memperlancar aliran darah. Tak hanya semangka, Anda juga dapat mengonsumsi pisang buat meningkatkan suasana hati yang tidak menentu selama menstruasi.

Buah-buahan

Makanan sehat yang baik dikonsumsi selama menstruasi yang pertama ialah makanan yang mengandung zat besi. Seperti yang Anda ketahui, saat menstruasi tubuh akan kehilangan zat besi di dalam darahnya. Maka dari itu, seorang perempuan yang sedang menstruasi sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Karena kurangnya zat besi di dalam tubuh dapat membuat tubuh mengalami kelelahan dan juga menurunkan kinerja tubuh. Sumber makanan yang kaya akan zat besi ialah kacang merah, sereal, kacang kedelai, kacang poling, kismis, bayam dan juga tahu.

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Selama menstruasi biasanya para perempuan akan merasakan lelah hingga malas buat melakukan berbagai macam aktivitas. Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh para perempuan saat menstruasi ialah nyeri dan juga kram pada perut. Sebenarnya ada beberapa cara buat mengatasi masalah tersebut, salah satunya yaitu mengonsumsi makanan yang sehat saat menstruasi. Tak hanya menyehatkan tubuh, makanan sehat juga dapat mengatasi mood perempuan yang turun akibat menstruasi serta menghilangkan stres. Maka dari itu, mulailah buat mengonsumsi makanan yang tepat dan juga sehat. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap sehat, fresh dan tak gampang lelah saat periode haid tiba. Lalu, apa saja makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi? Berikut ulasannya.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini