WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya | Bloggout

Penyebab-Penyakit-Lupus-dan-Pengobatannya

[ 14/03/2020 09:23:53 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:23:53, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya:

Inilah Penyebab Penyakit Lupus

  1. Faktor genetik, faktor pertama yang dapat memicu terjadinya penyakit lupus ialah faktor genetik. Seperti penjelasan di atas bahwa faktor dari penyakit lupus belumk dapat di ketahui secara pasti walau beberapa besar orang yang menderita penyakit ini juga salah satunya dipicu karena faktor genetik.
  2. Sinar matahari, selain itu sinar matahari juga bisa memicu penyakit lupus. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat membawa lesi kulit lupus dan merespon secara internal pada kulit seseorang.
  3. Mengonsumsi obat-obatan, faktor penyakit lupus yang terakhir ialah karena mengonsumsi obat-obatan. Seperti contohnya obat antibiotik, anti kejang dan beberapa obat tekanan darah.

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Macam-Macam Penyakit Pada Ginjal

Demikian penjelasan mengenai faktor penyakit lupus dan penyembuhannya. Artikel lainnya artikel ini Penyebab Penyakit Kaki Gajah dan Pencegahannya

Setelah dijelaskan mengenai faktor dan gejala penyakit lupus, maka berikutnya ialah mengenai penyembuhan penyakit lupus. Pengobatan penyakit lupus ini hanya dapat mengontrol dan mengurangi perkembangan lupus. Diantaranya menggunakan obat kotikosteroid (anti peradangan), obat siklofosfamid (penekan kekebalan tubuh), obat hydroxychloroquine dan Obat anti-inflammatory non steroid (NSAID=non steroid anti-inflammatory drugs) yang berfungsi meredakan nyeri, pembengkakan dan demam akibat penyakit lupus yang di derita.

Pengobatan Penyakit Lupus

Tak hanya ketiga gejala itu saja, biasanya penderita SLE memilili gejala yang bermacam-macam, ada yang ringan dan ada juga yang berat. Berikut ialah gejala lanjutan yang kemungkinan dialami oleh penderita penyakit lupus, yaitu sakit kepala, rambut rontok, sariawan yang terus muncul, demam tinggi, hilang ingatan, mata kering, pembengkakan kelenjar getah bening dan juga sakit dada.

Gejala yang mungkin menyertai penyakit ini

Gejala penyakit lupus berikutnya ialah nyeri pada persendian. Anggota tubuh yang biasanya mengalami hal ini ialah persendian tangan dan kaki. Akan tetapi rasa nyeri tersebut bisa saja berpindah ke sendi lainnya. Akan tetapi jangan khawatir, karena penyakit SLE ini tidak mengakibatkan kerusakan permanen pada persendian.

3. Nyeri pada persendian

Selain ruam pada kulit, rasa lelah yang berlebihan dan ekstrem juga gejala yang sering dikeluhkan oleh penderita SLE. Rasa lelah ini tentunya dapat menghambat segala macam aktivitas dan dapat berefek negatif pada kehidupan mereka. Mereka tidak bisa bekerja, mengerjakan tugas rumah tangga. Dan mestipun tengah beristirahat rasa lelah tersebut pun tak akan hilang.

2. Rasa lelah yang berlebihan

Ruam pada kulit merupakan gejala paling umum yang menjadi ciri khas dari penyakit ini. Biasanya ruam tersebut menyebar pada batang hidung dan ke-2 pipi. Gejala ini dikenal dengan istilah ruam kupu-kupu. Selain pipi  dan hidung, bagian tubuh lainnya yang mungkin ditumbuhi oleh ruam ialah pergelangan tangan dan tangan. Ruam akibat penyakit ini tidak dapat dihilangkan dan akan membekas secara permanen. Jika terpapar sinar matahari ruam tersebut akan bertambah parah.

1.Ruam pada kulit

Nah itulah beberapa faktor penyakit lupus. Lalu apa gejalanya? Umumnya gejala penyakit lupus erimatosus sistemik (Systemic Lupus Erythematosus) (SLE) amatlah beragam. Hingga saat ini banyak sekali penderita SLE yang merasakan beberapa gejala ringan, akan tetapi ada pula yang tiba-tiba mengalami serangan parah. Untuk lebih jelasnya, berikut ialah beberapa gejala penyakit lupus yang perlu diketahui.

Gejala Penyakit Lupus Paling Umum

Berkaitan dengan faktor umum penyakit lupus itu sendiri masih ada hubungannya dengan aotoimun. Aitoimun ini terjadi karena dikarenakan tubuh tidak mampu menangkal bakteri jahat. Bakteri jahat itu sendiri berupa virus atau bakteri yang berpotensi menyerang sistem kekebalan tubuh. walaupun sampai sekarang belum ada kepastian faktor dari penyakit lupus secara detail, walau terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi terjadinya penyakit lupus diantaranya sebagai berikut :

Penyakit lupus ini lebih banyak dialami oleh perempuan dibandingkan dengan pria. Entah apa apa yang menjadi alasannya, walau dari data penderita penyakit lupus menunjukkan penderitanya kebanyakan perempuan. Penyakit lupus itu sendiri terdapat empat jenis diantaranya lupus systemic, lupus erythematosus, discoid lupus erythematosus, drug-induced lupus erythematosus dan neonatal lupus. Nah buat ke empat jenis lupus diatas yang amat umum di alami oleh penderita ialah systemic lupus erythematosus.

Penyakit ini ini bukanlah penyakit menular dan sampai saat tim medis masih memperdebatkan faktor penyakit lupus. Hal ini dipicu karena penyakit lupus memiliki kesamaan dengan beberapa gejala yang sama dengan penyakit lainnya sehingga mengakibatkan penyakit ini susah buat dikenali. Namun beberapa besar penderita penyakit lupus akan timbul gejala bercak merah yang berbentuk menyerupai sayap kupu-kupu pada bagian wajah.

Penyakit lupus ialah penyakit outoimun atau penyakit menyerang sistem kekebalan tubuh, jaringan dan organ tubuh secara terus menerus sehingga menimbulkan peradangan kronis. Atau penyakit ini sering disebut dengan penyakit peradangan kronis autoimun. Peradangan yang dikarenakan oleh lupus biasanya banyak menyerang bagian tubuh seperti persendian, kulit, ginjal, sel darah, jantung, otak dan masih banyak lagi lainnya.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini