WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Waspadai Gejala Hepatitis A dan Ketahui Cara Pencegahannya | Bloggout

Waspadai-Gejala-Hepatitis-A-dan-Ketahui-Cara-Pencegahannya

[ 14/03/2020 09:24:00 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Waspadai Gejala Hepatitis A dan Ketahui Cara Pencegahannya" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:24:00, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Waspadai Gejala Hepatitis A dan Ketahui Cara Pencegahannya:

Inilah gejala hepatitis A dan cara pencegahannya

  • Memperbanyak waktu istirahat
  • Biasakan membawa bekal
  • Membiasakan mencuci tangan
  • Memberikan vaksin hepatitis A

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Waspadai Gejala Hepatitis A dan Ketahui Cara Pencegahannya" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Penyebab Penyakit Lupus dan Pengobatannya

Demikianlah ulasan mengenai gejala hepatitis A lengkap dengan penyembuhan dan cara pencegahannya.

Berikutnya ialah dengan memberikan vaksin hepatitis A. Bagi seorang anak sangat penting diberikan vaksin hepatitis A. Seorang anak yang berumur 2 tahun wajib diberikan vaksin ini, kemudian diulang 6 bulan sampai 12 bulan dari pemberian vaksin pertama. Hal ini berguna buat membuat pertahanan tubuh anak semakin kuat.

Cara mencegah penyakit hepatitis A yang berikutnya ialah dengan membiasakan mencuci tangan. Benda yang tersentuh oleh tangan memiliki resiko dapat menyebarkan virus dan bakteri. Sehingga  hal ini dapat mengurangi penyebaran virus dan bakteri. Tak hanya itu saja pastikan tidak menggunakan gunting kuku, sikat gigi dan handuk bersamaan.

Yang ke-2 ialah dengan cara membiasakan membawa bekal. Membawa makanan dan minuman sendiri tentu saja dapat mengurangi terjadinya infeksi. Tahukah Anda bahwa faktor utama penularan virus hepatitis A ialah dari makanan dan minuman yang tidak higienis. oleh sebab itu buat mencegah hal ini tak ada salahnya buat membawa bekal saat berangkat sekolah, kuliah maupun bekerja.

Yang pertama ialah dengan cara memperbanyak waktu istirahat. Seseorang yang terinfeksi virus  harus menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat dengan cara memperbanyak waktu istirahat. Selain istirahat Anda juga harus mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pencegahan hepatitis A yang tepat

Setelah mengetahui gejala hepatitis A, penyembuhan dan komplikasinya, berikut ialah cara pencegahannya yang dapat Anda terapkan.

2. Mengalami kolestasis. Yang ke-2 ialah kolestasis. Komplikasi yang satu ini terkadang menyerang seorang penderita yang berumur lebih tua.  Akan tetapi  jangan khawatir karena keadaan yang satu ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penyembuhan khusus. Gejalanya yaitu, diare, sakit kuning, penurunan berat badan dan demam.

1. Risiko gagal hati. Yang pertama ialah mengalami gagal hati. Komplikasi yang satu ini terjadi saat fungsi hati menurun drastis. Gagal hati dapat mengakibatkan keadaan kesehatan semakin melemah dan juga penderita sangat rentan terhadap infeksi.

biasanya, penyakit hepatitis A tidak mengakibatkan penyakit hati kronis sama seperti hepatitis B dan C. Tetapi seseorang yang memiliki penyakit diabetes, HIV dan sistem kekebalan tubuh yang menurun sebelum terinfeksi penyakit ini sangat rentan mengalami komplikasi. Berikut ialah beberapa komplikasi penyakit hepatitis A.

Komplikasi Penyakit Hepatitis A

Cara paling efektif buat mendiagnosis adanya virus hepatitis A ialah dengan cara pemeriksaan darah. Jika positif maka dokter akan mengecek keadaan hati Anda melalui tes penunjang yaitu evaluasi fungsi organ hati dan USG. Umumnya penyakit ini juga tidak memiliki cara tertentu buat menanganinya. Pemulihan keadaan hanya bergantung pada sistem imun tubuh dengan cara beristirahat secara total, mengonsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter dan menghindari alkohol serta obat-obatan tanpa tips dokter. Karena hal tersebut akan berefek pada kesehatan hati.

Pengobatan Hepatitis A Paling Ampuh

Nah itulah beberapa gejala penyakit hepatitis A. Dalam banyak kasus infeksi yang dikarenakan oleh virus hepatitis A tidak tumbuh separah penderita hepatitis B dan C. Sehingga kecil kemungkinannya penyakit ini tumbuh menjadi kanker hati atau sirosis hati.

Lantas apa saja gejala awal hepatitis A? Seseorang yang terjangkit penyakit ini akan mengalami gejala-gejala seperti demam, letih, nyeri otot, lesu, muntah-muntah, urine berwarna gelap, mata dan kulit menguning seperti penyakit kuning serta hilangnya nafsu makan.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi makanan mentah, sanitasi yang buruk, kurangnya ketersediaan air bersih, berhubungan seks dengan penderita hepatitis, menggunakan dan berbagi jarum sbuat dan bekerja di area yang berhubungan dengan kotoran juga merupakan faktor risiko yang dapat meningkatkan penyebaran virus hepatitis A. Untuk gejalanya sendiri akan muncul sesudah beberapa minggu sesudah penderita terjangkit virus tersebut.

Tahukah Anda bahwa virus hepatitis A sangat mudah menyebar dan menular. Sebagian besar masyarakat di Indonesia terkena penyakit hepatitis A karena makanan yang mereka konsumsi terkontaminasi oleh tinja penderita hepatitis A. Oleh karena itu, sangat penting sekali menjaga kebersihan dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan.

Penyebab Hepatitis A yang Perlu Diwaspadai

Virus hepatitis A biasanya menular melalui anus dan mulut. Dan virus tersebut dapat berpindah jika si penderita makan dengan tangan belum bersih sesudah membuang hajat.

Seperti yang kita ketahui, penyakit hepatitis terdiri dari berbagai  macam. Hepatitis sendiri merupakan salah satu penyakit pada hati yang perlu diwaspadai. Jika dibandingkan dengan hepatitis B dan hepatitis C, hepatitis A ialah salah satu jenis penyakit hepatitis yang tergolong ringan dan tidak terlalu berbahaya. Hepatitis B dan C disebarkan melalui aktifitas seksual dan juga darah, sedangkan hepatitis A dikarenakan oleh virus yang tersebar oleh kotoran atau pederita kotorannya.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini