WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Sudah Tahu Kebutuhan Protein Harian Anda? | Bloggout

Sudah-Tahu-Kebutuhan-Protein-Harian-Anda?

[ 14/03/2020 08:59:48 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Sudah Tahu Kebutuhan Protein Harian Anda?" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 08:59:48, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Sudah Tahu Kebutuhan Protein Harian Anda?:

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Sudah Tahu Kebutuhan Protein Harian Anda?" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Yuk Kita Belajar Manfaat Yoghurt Untuk Diet

Lalu berapakah kebutuhan protein harian kita? Well, perlu Anda ketahui bahwa kebutuhan protein harian setiap orang bermacam-macam tergantung pada berat badan dan jenis aktifitas harian yang kita jalani. Sebagai contoh, bagi rata-rata orang yang menjalani aktifitas harian biasa-biasa saja, kebutuhan protein hariannya ialah sekitar 1 gram / kg berat badan. Harap diingat bahwa berat badan disini ialah murni tanpa lemak. So, jika berat seseorang ialah 70kg dengan massa lemak 10%, maka berat yang dihitung ialah 70-(70×10%) = 63kg. Jadi kebutuhan protein harian orang tersebut ialah 63 gram per-hari. Dan jika orang tersebut makan 3 kali sehari, maka setiap kali makan setidaknya dia harus mengkonsumsi 63/3 = 21gram protein. Untuk sumber proteinnya, bisa dipilih sesuai dengan selera, yakni bisa dari telur, daging, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.Satu lagi yang harus diingat bahwa kandungan protein di setiap makanan bermacam-macam. Sebagai contoh, buat satu butir telur mengandung 6 gram protein, yang mana itu berarti buat memenuhi 21 gram protein setiap sesi makan, maka dibutuhkan 3,5 butir telur. Atau juga bisa dikombinasikan antara telur dengan daging, tentunya dengan terlebih dahulu dihitung jumlah protein yang terkandung agar sesuai dengan porsi yang dibutuhkan.Sedangkan bagi mereka yang memiliki aktifitas harian cukup berat, seperti rajin ke gym, latihan olahraga, atau bekerja berat, maka kebutuhan protein harian mereka ialah 1,5 hingga 2 gram / kg berat badan. Ini berbeda sebab dengan melakukan olahraga berat tentunya dibutuhkan pula asupan protein yang lebih tinggi buat menjaga metabolisme tubuh mereka nantinya. Dan jika olahraga berat tidak diimbangi dengan suplai protein yang memadai maka dikhawatirkan akan merusak otot tubuh yang sudah terbentuk. Anda tidak mau kan usaha keras Anda buat membentuk otot jadi hancur hanya gara-gara tidak tercukupinya kebutuhan protein harian Anda?

Tercukupinya kebutuhan protein harian seseorang amatlah penting buat diperhatikan sebab sedikit banyak asupan protein yang ada setiap harinya dapat mempengaruhi proses metabolisme dan kesehatan orang tersebut. Kurangnya asupan protein harian dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, seperti penurunan berat badan yang signifikan, dehidrasi akut, kerontokan rambut, kulit berkurang kekencangannya, dan bahkan dapat mempengaruhi kestajikan emosi sang penderita. Sebaliknya, kelebihan jumlah protein setiap harinya juga dapat memicu berbagai masalah, diantaranya ialah resiko menderita obesitas, gangguan ginjal, kekurangan kalsium, dan bahkan memicu terjadinya osteoporosis.Dengan mengetahui resiko di atas, tentunya kini kita sependapat bahwa memastikan tercukupinya kebutuhan protein harian tanpa berlebihan asalah sesuatu yang penting dan layak buat kita perhatikan. Jadi mulai sekarang hendaknya Anda lebih berhati-hati dalam mengatur asupan makanan harian dan pastikan kebutuhan protein harian Anda betul-betul tercukupi dan seimbang. Artikel lainnya Tips menjaga kadar kolesterol.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini