WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Penyebab, Gejala dan Jenis Penyakit Thalasemia | Bloggout

Penyebab,-Gejala-dan-Jenis-Penyakit-Thalasemia

[ 14/03/2020 09:25:33 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Penyebab, Gejala dan Jenis Penyakit Thalasemia" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:25:33, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Penyebab, Gejala dan Jenis Penyakit Thalasemia:

  • Penyakit kuning
  • Pertumbuhan lambat
  • Mudah lelah dan sering sesak napas
  • Mudah marah
  • Urine berwarna gelap
  • Perut membengkak
  • Pucat
  • Thalasemia alfa minorYang pertama ialah thalasemia alfa minor. Penyakit ini terjadi karena adanya dua gen yang mengatur produksi protein berjenis alfa globin yang mana jenis tersebut mengalami kelainan. Thalasemia jenis ini biasanya dimiliki oleh perempuan yang memiliki latar belakang penyakit anemia. walaupun ini jenis thalasemia ringan akan tetapi penyakit ini juga dapat diturunkan pada anak cucu mereka. Keuntungan dari penyakit thalasemia jenis ini ialah tidak membutuhkan transfusi darah, hanya saja ia harus mengonsumsi makanan bergizi buat menunjang kesehatan tubuh.
  • Thalasemia alfa mayorYang ke-2 ialah thalasemia alfa mayor. Jenis penyakit thalasemia yang satu ini biasanya terjadi pada bayi sejak masih di dalam kandungan. Dalam keadaan ini seseorang tidak memiliki gen produksi protein globin sama sekali. Dan keadaan inilah yang mengakibatkan janin mengalami thalasemia yang sangat parah. Sehingga bayi harus mendapatkan transfusi darah sejak dalam kandungan agar tetap sehat. Tak hanya itu, thalasemia alfa mayor akan menyerang organ jantung pada janin serta penimbunan cairan pada tubuh janin. Biasanya thalasemia jenis ini akan membuat janin mengalami kematian.
  • Thalasemia beta minorSelanjutnya ialah thalasemia beta minor sama halnya dengan thalasemia alfa minor, jenis ini pun tidak terlalu parah. Efek dari penyakit ini pun relatif kecil seperti mengalami anemia dan juga tidak normalnya sel darah merah. Jika dibandingkan dengan jenis thalasemia lainnya, thalasemia beta minor tidak perlu melakukan transfusi darah. Cara mengontrolnya hanya dengan menjaga pola makan yang kaya akan zat besi dan kalsium.
  • Thalasemia beta mayorDari beberapa jenis thalasemia yang ada di atas, jenis thalasemia beta mayor ialah jenis yang amat parah. Apajika bayi yang dikandung lahir dengan selamat, biasanya bayi tersebut akan mengalami pengembangan tanda atau gejala thalasemia serta sering mengalami sakit dalam usia 1 hingga 2 tahun. Sehingga hal ini tentu saja dapat mengakibatkan sirkulasi zat gizi tidak lancar dan pertumbuhan serta perkembangan bayi terganggu. Tak hanya itu saja, seseorang yang menderita jenis thalasemia ini harus melakukan transfusi darah terus menerus.

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Penyebab, Gejala dan Jenis Penyakit Thalasemia" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Obat Pelangsing Tradisional Tanpa Efek Samping

Nah itulah beberapa faktor, gejala, jenis penyakit thalasemia serta cara penyembuhannya. Yang perlu diketahui ialah hingga saat ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit ini. Akan tetapi buat mengatasi penyakit thalasemia biasanya dilakukan cara umum seperti transfusi darah, mengonsumsi suplemen folat dan lainnya. Artikel lainnya artikel mengenai Penyebab dan gejala penyakit anemia.

Untuk menyingkirkan zat besi yang berlebih dalam tubuh maka harus diberikan suntikan pemberian obat thalasemia desferrioxamine. Pemindahan sumsum tulang bisa didapatkan dari pendonor yang berasal dari keluarga. Akan tetapi cangkok sumsum tulang belakang ini biasanya akan memiliki resiko yang cukup tinggi dan berbahaya.

Pengobatan paling umum yang biasa dilakukan penderita thalasemia ialah melakukan transfusi darah. Akan tetapi transfusi darah yang dilakukan secara terus menerus dapat mengakibatkan penumpukan zat besi pada organ tubuh yang sangat vital, seperti jantung, hati dan juga kelenjar endokrin yang akhirnya hal ini akan membuat fungsi organ mengalami kerusakan.

Pengobatan Thalasemia

Jenis penyakit thalasemia

Nah itulah beberapa faktor dan gejala thalasemia. Lantas apa saja jenis thalasemia yang sering diderita oleh seseorang? Berikut ulasannya!

biasanya gejala atau tanda yang muncul tergantung pada jenis dan tingkat keparahan thalasemia. Akan tetapi berikut ialah gejala thalasemia secara umum:

Gejala thalasemia

Satu-satunya faktor penyakit ini ialah adanya gen cacar yang diturunkan oleh salah satu orang tua yang mengidap penyakit tersebut. Cara efektif buat mendiagnosis penyakit ini ialah dengan cara pemeriksaan hemoglobin khusus atau berdasarkan pola herediter.

Penyebab thalasemia

Mengenal penyakit thalasemia

Penyakit ini biasanya diturunkan oleh salah satu orang tua yang mengidap penyakit tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut ialah faktor, gejala dan jenis penyakit thalasemia.

Setiap harinya penderita thalasemia selalu membutuhkan transfusi darah buat bertahan hidup. Jika tidak mendapatkan transfusi darah maka akan terjadi akibat yang sangat fatal dan dapat mengancam jiwa. Dan biasanya, transfusi darah yang dilakukan oleh penderita thalasemia harus sesuai dengan jenis thalasemia yang diderita

Thalasemia merupakan penyakit turun menurun di mana penyakit ini akan menyerang sistem produksi hemoglobin dan eritosit. Sehingga seseorang yang menderita thalasemia ditandai dengan rendahnya kadar hemoglobin (Hb). Hal ini dikarenakan adanya gangguan kemampuan tubuh memproduksi sejenis protein yang disebut “rantai globin”.

Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh sehat dan bugar dalam setiap harinya. Ini karena kesehatan yang kita dapatkan tidak bisa dibeli dengan uang. Akan tetapi mestipun sudah bekerja keras menjaga kesehatan tubuh Anda jika dalam tubuh sudah memiliki gen penyakit keturunan maka kita tidak bisa berbuat apa-apa kecuali mencegah dan memberikan perawatan yang intensif. Salah satu penyakit keturunan yang perlu Anda ketahui ialah thalasemia.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini