WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya | Bloggout

Penyebab-Radang-Tenggorokan-dan-Cara-Mengatasinya

[ 14/03/2020 09:25:17 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:25:17, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya:

Penyebab Radang Tenggorokan Berdasarkan Infeksi yang Diderita

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Penyebab Radang Tenggorokan dan Cara Mengatasinya" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Itulah beberapa faktor radang tenggorokan dan cara mengatasinya. Artikel lainnya artikel menarik mengenai Obat batuk berdahak tradisional.

Cara yang terakhir yang bisa Anda lakukan buat mengobati radang tenggorokan ialah dengan cara mengunyah bawang putih. Cara ini memang tidak banyak orang yang melakukannya karena rasa dan baunya tidak enak. Namun dibalik itulah bawang putih lebih cepat buat menyembuhkan infeksi pada tenggorokan Anda yang dikarenakan kandungan salicin dalam bawang putih.

Bawang Putih

Mungkin penyembuhan alami ini jarang sekali Anda dengar maupun melihatnya. Sebenarnya terapi uap ini bisa Anda lakukan sendiri dengan cara menuangkan air mendidih pada baskom dan menutupnya dengan handuk bersih. Setelah itu Anda bisa langsung menghirup uap panas tersebut yang bertujuan buat membuat tenggorokan Anda tidak sakit karena dikarenakan oleh peradangan tersebut.

Terapi Uap

Obat alami yang digunakan buat mangatasi radang tenggorokan ialah garam. Garam dipercaya mampu mengurangi pembengkakan dan infalamasi pada tenggorokan yang dikarenakan oleh peradangan. Selain itu garam juga sangat efektif buat mengurangi rasa sakit yang dikarenakan oleh peradangan pada tenggorokan. Adapun caranya ialah hanya dengan berkumur dengan mengguanakan air garam, buat hasil yang maskimal lakukan setiap hari.

Menggunakan Garam

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Nah sesudah mengetahui faktor radang tenggorokan, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai cara buat mengatasinya radang tenggorokan secara alami.

Cuaca yang panas dan terik pastinya dapat membuat tenggorokan menjadi keringan dan haus. Jika tidak segera diatasi hal ini dapat mengakibatkan tenggorokan teriritasi. Tak hanya itu saja sering bernapas melalui mulut saat hidung tersumbat juga dapat mengakibatkan radang. Karena mulut tidak memiliki filter udara sama seperti hidung yang dapat menyaring udara lebih bersih dan sehat saat dihirup.

Tenggorokan kering

GERD atau Gastroesophageal reflux disease ialah salah satu jenis gangguan pencernaan pada manusia yang mengakibatkan asam lambung naik dan kembali ke atas esofagus. Seperti yang Anda ketahui isi lambung ialah asam yang dapat mengiritasi jaringan dan pada akhirnya dapat mengakibatkan radang tenggorokan. Tanda lainnya yang mungkin muncul ialah suara serah, nyeri perut dan muntah.

GERD

walaupun sangat jarang, akan tetapi tumor merupakan faktor radang tenggorokan yang perlu diwaspadai. Gejala paling umum yang dapat mengtanda-tandakan seseorang mengalami tumor tenggorokan ialah suara serak, saat bernapas mengeluarkan suara, adanya benjolan pada leher, kesusahan dalam menelan dan adanya dahak saat batuk.

Tumor

Iritasi ialah faktor dari radang tenggorokan yang amat umum dialami oleh hampir setiap orang. Iritasi pada tenggorokan sendiri banyak sekali faktornya, mulai dari mengonsumsi keripik, gorengan, ciki-ciki, makanan pedas, alkohol serta asap rokok.

Iritasi

yang pertama ialah karena alergi. Seseorang yang memiliki alergi terhadap bulu binatang, seperti kucing, anjing, terhadap debu, serbuk sari juga sangat rentan mengalami radang tenggorokan.

Alergi

Namun tak hanya dikarenakan karena infeksi virus dan bakteri saja, ada beberapa faktor non infeksi yang dapat mengakibatkan penyakit radang tenggorokan. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya

Sedangkan faktor dari radang tenggorokan yang dikarenakan oleh bakteri ini memang tidak begitu sering dialami oleh penderita dibandingkan dengan yang dikarenakan oleh virus. Namun walau demikian efek yang dikarenakan oleh bakteri lebih serius. Adapun bakteri yang mengakibatkan radang tenggorokan itu sendiri ialah bakteri jenis streoptokokus. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui sekresi melalui hidung dan tenggorokan. Untuk gejala radang tenggorokan yang dikarenakan oleh bakteri ialah sakit saat menelan makanan dan minuman, tosil dan kelenjar leher mengalami pembengkakan, bagian belakang tenggorokan merwarna merah disertai bercak-bercak putih dan yang terakhir ialah disertai demam yang panasnya hingga 38 derajat celsius.

Infeksi yang dikarenakan oleh virus biasanya diawali dengan pilek (influenza) sesudah itu terjadilah peradangan yang sering disebut dengan radang tenggorokan. Infeksi yang dikarenakan oleh virus ini biasanya ditandai dengan gejala badan terasa lemas, menurunnya nafsu makan, demam dan batuk.

Radang tenggorokan itu sendiri dikarenakan oleh dua jenis infeksi yaitu dikarenakan oleh virus dan bakteri. Menurut sumber yang didapatkan terdapat sekitar 80% radang tenggorokan dikarenakan oleh virus sedangkan 10-20% dikarenakan oleh bakteri. Sebelum kita membahas cara mengatasi radang ternggorokan tersebut, penting rasanya buat kita dapat mengetahui terlebih dahulu infeksi yang dikarenakan oleh virus dan bakteri.

Radang tenggorokan merupakan peradangan yang terjadi pada daerah tenggorokan. Secara klinis peradangan ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri saat menelan makanan atau minuman dan selain itu keadaan ini juga disertai dengan demam, menggigil, sakit tenggorokan dan pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher. Jika penyakit ini tidak ditangani dengan cepat maka dapat berefek pada komplikasi yang serius seperti pada jantung dan ginjal.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini