WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Cara Mengatasinya | Bloggout

Penyebab-Kaki-Bengkak-Saat-Hamil-dan-Cara-Mengatasinya

[ 14/03/2020 09:25:49 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Cara Mengatasinya" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:25:49, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Cara Mengatasinya:

Inilah faktor dan cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil dan Cara Mengatasinya" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

Demikianlah ulasan mengenai faktor kaki bengkak saat hamil dan cara mengatasinya. Artikel lainnya nutrisi pada ibu hamil yang wajib dipenuhi.

Garam memang merupakan salah satu makanan faktor darah tinggi. Oleh karena itu banyak ibu hamil yang menghindari asupan garam. walaupun begitu ibu hamil juga masih tetap membutuhkan kebutuhan sodium dalam setiap harinya.  Pastikan ibu hamil tetap mengonsumsi makanan yang mengandung garam sesuai dengan takarannya dan jangan sampai berlebihan.

Tetap mengonsumsi garam

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil selanjuntya ialah dengan melakukan pijat refleksi. Anda bisa memijatnya sendiri maupun meminta bantuan tukang pijat buat mengatasi hal ini. Caranya, pijat kaki yang mengalami pembengkakan dengan mengarahkan pijatan ke lutut. Pastikan Anda memijat dengan lembut dan tidak terlalu keras. Ketika memijat, Anda bisa menggunakan baby oil ataupu minyak kayu putih. Selain dapat mengatasi kaki bengkak, memijat kaki secara tertaur  juga dapat membuat tubuh menjadi rileks dan bebas stres.

Pijat refleksi

Selain berolahraga, ibu hamil juga harus memenihi asupan nutrisi yang tepat dalam setiap harinya. Selain buat menjaga kesehatan, makanan bergizi bisa membantu janin tumbuh dan tumbuh. Dan sebaiknya hindari makanan yang mengandung garam yang berlebih. Makanan kaya gizi yang dapat dikonsumsi antara lain, buah-buahan, sayuran dan masih banyak lagi.

Mengonsumsi makanan bergizi

Olahraga teratur juga bisa membantu Anda buat mengatasi masalah ini. Dengan berolahraga tentu saja ini akan membuat aliran darah lebih lancar dan juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit. Namun tak hanya itu saja, olahraga juga berguna buat membantu persalinan Anda dapat lancar. Beberapa olahraga yang baik buat ibu hamil antara lain berenang, jalan kaki dan juga yoga.

Berolahraga secara teratur

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil berikutnya ialah dengan cara memposisikan badan miring ke kiri saat tidur. Hal ini sangat berguna agar pembuluh darah balik terbebas dari tekanan, sehingga aliran darah yang ada di kaki akan dapat kembali ke jantung. Tentu saja hal ini dapat mengurangi masalah kaki bengkak saat hamil.

Posisikan badan miring ke kiri

 Bagi Anda yang sangat suka menggunakan sepatu atau sandal yang mengikat kaki, sebaiknya Anda menghindari hal ini. karena penggunaan sepatu  yang mengikat kaki dapat mengakibatkan kaki membengkak buat menyiasatinya, Anda bisa menggunakan sandal jepit yang tidak mengikat kaki Anda.

Hindari menggunakan sepatu yang mengikat kaki

Cara yang pertama ialah jangan berdiri terlalu lama. Selain dapat membuat ibu hamil lebih mudah lelah, berdiri terlalu lama juga mempermudah jantung memompa darah menuju kaki dan akan susah buat mengembalikan darah ke jantung. Hal ini dikarenakan pembuluh balik jantung tertekan oleh janin. Oleh karena itu buat menghindari hal ini sebaiknya Anda menghindari hal ini, apalagi jika usia kehamilan Anda sudah memasuki usia 32 minggu ke atas.

Hindari berdiri terlalu lama

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

Setelah mengetahui apa saja faktor kaki bengkak saat hamil, berikut ialah cara mengatasinya yang dapat dicoba.

Akan tetapi seperti yang Anda ketahui beberapa hal tersebut tidak dapat dideteksi. Sehingga sangat penting sekali buat melakukan pemeriksaan secara berkala saat hamil. Gejala lainnya yang perlu diwaspadai ialah sakit perut sebelah kanan atas, sakit kepala, pandangan ibu menjadi buram, keluarnya air urin yang sedikit serta mual dan muntah.

Preeclampsia sendiri biasanya tidak menimbulkan gejala, oleh sebab itu penyakit ini amatlah berbahaya. Salah satu tanda utama dari penyakit ini ialah seorang ibu hamil mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tanda lainnya ialah pada urin ibu hamil terdapat protein dan kaki mengalami pembengkakan.

Hal lain yang perlu diwaspadai saat kaki bengkak saat hamil ialah preeclampsia dan juga eclamsia. Kedua penyakit tersebut terkadang menyerang ibu hamil, preeclampsia dan eclamsia sendiri merupakan penyakit yang mengakibatkan tubuh ibu melawan plasenta di dalam kandungan.

biasanya faktor kaki bengkak saat hamil dikarenakan oleh kaki harus menopang berat badan yang berlebih dari keadaan normal. Semakin besar janin yang dikandung maka ini akan membuat cairan yang tertimbun pada kaki semakin parah, hal inilah yang mengakibatkan kaki bengkak saat hamil.

Terjadinya perubahan bentuk tubuh pada saat hamil tentu saja merupakan hal yang wajar selama perubahan yang terjadi masih tahap normal dan tidak membahayakan kesehatan Anda dan janin di dalam kandungan. Selain berat badan bertambah, salah satu perubahan yang sering dialami oleh ibu hamil ialah kaki membengkak. walaupun merupakan salah satu hal yang wajar, akan tetapi kaki bengkak saat hamil tentu saja dapat membuat tidak nyaman. Lalu apa saja faktor kaki bengkak saat hamil? Berikut ulasannya.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini