WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Sudah Tahukah Anda Syarat Donor Darah? | Bloggout

Sudah-Tahukah-Anda-Syarat-Donor-Darah?

[ 14/03/2020 09:00:16 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Sudah Tahukah Anda Syarat Donor Darah?" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:00:16, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Sudah Tahukah Anda Syarat Donor Darah?:

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Sudah Tahukah Anda Syarat Donor Darah?" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Ciri-Ciri Orang Hamil 1 Minggu

Lalu apa sajakah syarat donor darah itu?syarat donor darah diberlakukan buat memastikan bahwa darah yang kita sumbangkan itu betul-betul sehat, aman, dan terbebas dari penyakit. Ini penting buat menghindari infeksi dan penularan penyakit yang justru dapat membuat sang penerima lebih menderita. Dan lebih spesifik, Anda bisa mempelajari beberapa syarat donor darah dibawah ini.– Anda sudah berumur lebih dari 17 tahun. Batasan umur ini diberlakukan buat memastikan tubuh sudah tumbuh secara sempurna sehingga dengan mendonorkan darah tidak akan mengganggu proses pertumbuhan sang donor.– Berat badan Anda melebihi 45 kg. 45 kg ialah asumsi berat badan minimal bagi rata-rata orang dewasa. Kurang dari berat tersebut dikhawatirkan pendonoran darah justru akan mengganggu kesehatan sang donor.– Suhu badan normal, tidak sedang dalam keadaan demam atau menderita gejala penyakit tertentu.– Tekanan darah dalam keadaan normal. Ini berarti bagi Anda yang menderita hipertensi atau sebaliknya tidak diperkenankan mengikuti aktifitas pendonoran.– Denyut nadi teratur dan juga lolos tes uji hemoglobin.Dan sekalipun Anda telah memenuhi semua syarat donor darah diatas, bukan berarti lantas Anda bisa dengan bebas melakukan donor darah sesering yang Anda mau. Para ahli sepakat bahwa intensitas donor darah yang diperbolehlan ialah maksimal 5 kali dalam 1 tahun, dengan jarak 3 bulan antara masing-masing aktifitas donor.Seberapapun Anda ingin membantu seseorang, terutama teman atau kerabat, dengan mendonorkan darah, hendaknya Anda tidak menutupi riwayat kesehatan Anda selama screening calon pendonor. Ini penting sebab jika Anda ternyata memiliki riwayat penyakit tertentu atau bahkan sedang menderita penyakit tersebut saat mendonorkan darah, hal tersebut justru dapat membahayakan sang penerima. Jadi sebaiknya Anda berterus terang kepada petugas medis dan biarkan mereka yang menentukan apakah darah Anda aman atau tidak.Adapun jenis penyakit yang penderitanya tidak diperbolehkan buat mendonorkan darah diantaranya ialah pernah atau sedang menderita penyakit hepatitis B/C, TBC, Epilepsi, HIV/AIDS, penyakit darah, menjalani operasi besar dalam kurun waktu 1 tahun terakhir, dan sedang hamil. Jadi jika Anda sedang berada pada keadaan di atas, maka bisa dipastikan Anda tidak memenuhi syarat donor darah. Artikel lainnya manfaat bekan bagi tubuh.

Mendonorkan darah kita ialah perbuatan yang mulia. Kita bisa membantu dan menyelamatkan banyak nyawa hanya dengan menyumbangkan sedikit darah kita. Selain itu, banyak penelitian menyebutkan bahwa manfaat donor darah baik buat menjaga kesehatan kita. Untuk setiap tetes darah yang kita sumbangkan, tubuh akan mereproduksi ulang darah dengan yang lebih segar dan baru, sehingga tubuh pun akan terasa lebih segar dan sehat. Oleh karenanya, tak mengherankan apajika pemerintah mencanangkan gerakan donor darah yang difasilitasi oleh PMI setiap bulannya. Dan satu hal yang pasti, donor darah tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa syarat donor darah yang harus dipenuhi agar seseirang bisa menyumbangkan darah mereka.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini