WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Tubuh | Bloggout

Makanan-Berserat-Tinggi-yang-Baik-untuk-Tubuh

[ 14/03/2020 09:26:17 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Tubuh" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:26:17, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Tubuh:

Jenis makanan berserat tinggi buat menjaga kesehatan

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Tubuh" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Penyebab Penyakit Stroke dan Cara Pencegahannya

Nah itulah beberapa makanan berserat tinggi buat menjaga kesehatan tubuh.

Sama seperti buah pir, apel juga merupakan buah yang bisa dimakan bersama dengan kulitnya. Hal ini dikarenakan kulit buah apel juga kaya akan nutrisi dan manfaat. Salah satunya yaitu dapat melancarkan pencernaan. Sebuah apel dengan ukuran sedang mengandung sekitar 4,4 gram serat. Waktu terbaik dalam mengonsumsi buah ialah sebelum makan. Hal ini bertujuan agar pencernaan lebih lancar dan sehat.

Apel

Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi, tak terkecuali dengan kacang almond. Anda bisa memanfaatkan susu kacang almond dalam setiap harinya buat mendapatkan berat badan ideal. walaupun begitu pastikan Anda tetap minum air 8 gelas per hari.

Kacang almond

Dalam satu cangkir kacang hitam mengandung 15 gram serat serta 15 gram protein. Tak hanya itu saja, warna hitam gelap pada kacang ini pun menunjukkan kandungan antioksidan berupa flavonoid yang tinggi. Ketika berdiet, Anda bisa menambahkan kacang hitam dan makanan berserat lainnya sebagai hidangan sehari-hari.

Kacang hitam

Sama halnya dengan roti gandum,  jagung juga salah satu makanan pengganti nasi yang sehat dikonsumsi dalam setiap harinya. Dalam setengah cangkir biji jagung mengandung 2 gram serat. dan dalam tiga cangkir popcorn tanpa bumbu dan garam mengandung serat seiktar 3,5 gram. Selain serat, jagung juga kaya akan antioksidan yang baik buat menangkal radikal bebas.

Jagung

Makanan berserat tinggi berikutnya ialah roti dan pasta gandum. Kedua makanan ini merupakan makanan pengganti nasi buat diet yang dapat dicoba. Hal ini dikarenakan roti dan pasta gandum mempertahankan gizi dan serat. Sehingga mengonsumsi makanan ini berguna buat melancarkan pencernaan serta menjaga berat badan tetap ideal.

Roti dan pasta gandum

Buah yang berasal dari China ini memang kaya akan serat. Maka jangan heran jika banyak orang yang memanfaatkan buah kiwi sebagai cemilan maupun sebagai jus yang menyegarkan. Jika dibandingkan dengan buah lainnya, buah kiwi mengandung serat yang amat tinggi. Tak hanya kaya serat saja, buah kiwi juga mengandung vitamin C yang dapat menguatkan daya tahan tubuh.

Buah kiwi

Sama halnya dengan jambu biji merah, alpukat juga merupakan jenis buah yang sangat sedap jika dikonsumsi sebagai jus buah. Kandungan serat di dalamnya berguna buat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Tak hanya itu saja, alpukat juga sering digunakan sebagai terapi kecantikan yaitu daging buahnya dapat Anda gunakan sebagai masker.

Alpukat

Makanan kaya serat yang berikutnya ialah jambu biji merah. Jenis buah yang satu ini amatlah sedap jika disedapi dalam bentuk jus buah maupun dikonsumsi secara langsung. Dalam 100 gram bahan, jambu biji merah mengandung kadar serat 7,3 gram. Sehingga jambu biji merah amatlah efektif buat melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin A, C, magnesium dan juga fosfor dalam jambu biji juga sangat bagus buat menjaga kesehatan tubuh.

Jambu biji merah

Makanan yang ke-2 ialah sayuran hijau. Seperti yang Anda ketahui sayuran merupakan makanan yang kaya akan serat dan sangat bagus buat tubuh. Menurut para ahli gizi, sayuran yang kaya akan serat dan beta karoten ialah bit hijau, bayam, lobak hijau dan brokoli. Dalam satu cangkir penyajian, makanan tersebut memiliki kandungan serat 4 hingga 4 gram.

Sayuran hijau

Yang pertama ialah oatmeal. Oatmeal merupakan salah satu makanan yang terbuat dari gandum. Kandungan beta glucan dalam oatmeal ini sangat berguna buat menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu saja, oatmeal merupakan campuran yang baik bagi serat tidak larut dan larut. Serat tidak larut berguna buat membantu melancarkan pencernaan. Sedangkan serat larut berguna buat menurunkan kolesterol dalam darah.

Oatmeal

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Hal ini karena serat memiliki fungsi, seperti melancarkan sistem pencernaan manusia agar tetap sehat, menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal, mencegah kanker usus, mencegah penyakit jantung, diabetes dan juga lainnya. Mengingat betapa banyaknya fungsi serat dalam menjaga kesehatan tubuh kita, setiap orang wajib memenuhi kebutuhan serat 25 hingga 40 gram dalam setiap harinya. Nah, berikut ialah jenis makanan berserat tinggi yang baik buat kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh ialah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Ada beberapa cara buat manusia dalam menjaga kesehatan tubuhnya yaitu berolahraga, gaya hidup yang sehat dan tentunya mengaplikasikan pola makan yang sehat dan teratur. Makanan yang kita konsumsi setiap hari haruslah makanan yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Salah satu makanan yang kaya akan nutrisi ialah makanan yang kaya akan serat.

0 comments:

Post a Comment