WHAT'S NEW?
Loading...

Mari Mengenal Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan | Bloggout

Inilah-Pertumbuhan-dan-Perkembangan-Bayi-Usia-5-Bulan

[ 14/03/2020 09:25:59 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Inilah Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:25:59, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Inilah Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan:

Tahap penting perkembangan bayi 5 bulan

  • Tips yang perlu diperhatikan buat merawat bayi usia 5 bulan
  • Konsultasikan ke Dokter

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Inilah Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Obat Vertigo Tradisional Paling Ampuh dan Mujarab

Artikel lainnya faktor dan cara mengatasi kolik pada bayi.

Demikianlah ulasan mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 5 bulan.

Untuk menstimulasinya Anda bisa memberikan pengalaman baru pada anak, seperti mengajaknya ke taman maupun ke supermarket. Dengan begitu ia akan dapat memperhatikan benda-benda baru yang beraneka warna.

Bayi yang berumur 5 bulan biasanya sudah dapat mendeteksi benda yang bergerak dan benda kecil serta dapat membedakan warna satu dengan lainnya. Jika matanya tidak mengikuti pergerakan benda atau manusia, sebaiknya periksakan anak ke dokter.

Setiap anak pastinya memiliki kemampuan yang berbeda. Oleh karena itu Anda tak perlu khawatir jika diusianya yang sudah 5 bulan ia belum memiliki kemampuan tersebut. Jika bayi Anda lahir secara prematur, maka dia membutuhkan waktu yang lebih lama buat dapat melakukan hal tersebut.

Untuk dapat merangsang pertumbuhan dan kemampuan bayi Anda disarankan buat memberi pujian berupa tepuk tangan, ciuman, maupun senyuman saat bayi Anda berhasil melakukan sesuatu yang jarang dilakukan, seperti berhasil berguling, meraih benda yang diletakkan jauh darinya dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memperkenalkan warna cerah padanya agar kemampuan visualnya dapat tumbuh dengan baik.

Perkembangan bayi usia 5 bulan berikutnya ialah ia sudah bisa meraih benda yang berada dalam jangkauannya. Jika Anda meletakkan benda atau maninan yang digantung di atas tempat tidur, sebaiknya Anda memindahkan benda tersebut. Karena kemampuannya yang sudah bisa meraih benda hal ini menurunkan resiko agar benda tersebut tidak jatuh menimpanya.

Sudah bisa meraih benda

Ketika bayi sudah berumur 5 bulan kemampuan sosial bayi sudah mulai muncul. Salah satunya yaitu dapat memberikan ciuman dan pelukan bagi orang tersayang. Namun tak hanya itu saja, si kecil juga sudah dapat menyadari saat Anda sedang memanggil namanya maupun membicarakannya. Ia juga dapat berinteraksi dengan sekitarnya, yang ditandai perilaku seperti menangis, tertawa, tersenyum, menjerit, menirukan suara, kecewa, sedih dan lainnya.

Dapat memberikan pelukan dan ciuman

Pada minggu ke-2, bayi yang berumur 5 bulan kemungkinan besar sudah dapat memegang botol susunya sendiri. walaupun begitu, Anda tidak boleh meninggalkannya sendiri saat si kecil sedang minum susu. Karena susu yang terhambat atau tersendat tidak dapat tertelan dan akhirnya akan masuk ke saluran yang menghubungkan bagian belakang tenggorokan dengan bagian telinga. Hal ini tentunya sangat berisiko mengakibatkan infeksi telinga.

Dapat memegang botol susu sendiri

Penglihatan bayi dalam setiap bulannya pun akan semakin tumbuh. Pada usia ini bayi masih memiliki penglihatan yang belum terlalu jelas. Namun ia sudah bisa melihat dengan baik dari berbagai jarak. Tak hanya itu saja ia juga sudah bisa membedakan berbagai warna.

Indera penglihatan

Berikutnya ialah bayi suka memperhatikan makanan yang ada di dalam piring yang sedang Anda pegang. Namun tak hanya itu saja, si kecil juga akan mencoba meraih dan memasukkannya ke dalam mulut. walau sebaiknya Anda menjauhkan makanan tersebut. Karena bayi usia 5 bulan belum bisa menyantap makanan pendamping Air susu ibu (MPAir susu ibu).

Sangat tertarik terhadap makanan

Perkembangan bayi usia 5 bulan berikutnya ialah ia sangat suka memukul benda ke lantai. Ketika mendapatkan mainan biasanya ia akan memukul dan menghempaskan mainan tersebut ke lantai. Namun Anda jangan khawatir karena tahap ini merupakan sebuah proses yang sangat wajar dialami oleh bayi usia 5 bulan.

Suka memukul benda

Yang ke-2 ialah bayi suka menegakkan tubuhnya dalam posisi duduk. Saat pertama kali belajar mungkin ia akan duduk dengan posisi tubuh condong ke depan dan menggunakan tangannya buat menopang tubuhnya. Untuk membantu si kecil belajar duduk Anda bisa menggunakan bantal maupun tubuh Anda sebagai sandaran punggungnya. Jika bayi selalu membiasakan hal ini maka tubuhnya akan semakin kuat dan stabil.

Belajar menegakkan tubuhnya

Yang pertama ialah bayi selalu mengeluarkan suara-suara tertentu. Biasanya pada usia ini bayi terkadang menggumam. Saat bayi mengeluarkan suara tersebut pastikan Anda jangan diam saja, tapi berikanlah tanggapan  mengajaknya berbcicara. Dengan begitu si kecil dapat berkomunikasi dengan Anda. walau jika suara yang dikeluarkan berbeda, mungkin hal ini sebagai pertanda jika ia sedang lapar maupun ingin bermain.

Mengeluarkan suara tertentu

Pada usia yang kelima bulan perkembangan bayi akan semakin pesat. Si kecil pun juga akan dapat menggunakan segala organ tubuhnya. Umumnya perkembangan bayi usia 5 bulan dapat membuat  berbagai macam suara dengan bibir dan lidahnya. Hal ini merupakan sebuah mekanisme bayi buat memulai kemampuan berbahasanya. Pada usia 5 bulan bayi juga sudah dapat tertawa. Pastinya Anda pensaran kan bagaimana pertumbuhan dan perkembangan bayi yang berumur 5 bulan? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini