WHAT'S NEW?
Loading...

Kuliah Keperawatan Sambil Kerja, Bisakah?| Bloggout

Medianers ~ "Apakah Saya bisa kuliah jurusan keperawatan sambil kerja," demikian pertanyaan sering diajukan pada penulis melalui pesan elektronik.

Jawabannya, sangat bisa. Tapi, yang mampu calon mahasiswa yg telah menuntaskan pendidikan Akademi Keperawatan (Akper), yg ingin melanjutkan ke pendidikan S1 Keperawatan dan profesi Ners.

Ada beberapa kampus swasta, misalnya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) yang ada jurusan keperawatan membuka acara kelas non reguler. Menerima calon mahasiswa yang sudah bekerja.

Program non reguler yaitu menyelenggarakan pendidikan tiga hingga 4 hari rendezvous pada 1 minggu. Jadwal belajar umumnya pukul 14.00 Wib- sampai terselesaikan atau sampai pukul 18.00 Wib.

Kecuali, pada hari Sabtu atau Minggu jadwal kuliah penuh dari pagi hingga sore. Begitu jua waktu praktek klinik keperawatan di rumah sakit, atau pada layanannya kesehatan, prakteknya tiga atau 4 hari dalam 1 pekan.

Bagi Perawat berstatus PNS, berhubung jadwal dinas shift, maka mereka sangat mudah menyesuaikan. Antara jadwal kuliah menggunakan jadwal bekerja pada layanan kesehatan.

Kemudian proses biar belajar, secara anggaran kepegawaian jua membolehkan melalui Surat Edaran Menpan RB nomor 4 tahun 2013, mengenai izin belajar dan tugas belajar.

Sedangkan calon mahasiswa Keperawatan yang bekerja di layanan kesehatan swasta, tergantung izin manajemen rumah sakit tempatnya bekerja. Kalau diizinkan, maka ia bisa kuliah sambil bekerja. (Nurman)

Baca juga : Informasi Detil Kuliah di Jurusan Keperawatan

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini