WHAT'S NEW?
Loading...

Perawatan Bayi Umur 1 Bulan| Bloggout

Medianers ~ Merawat bayi umur 1 bulan suatu hal yang menyenangkan bagi orang tua. Bayi terlihat lucu dan menyenangkan. Namun, ada pertanyaan tentang bagaimana cara perawatan bayi umur 1 bulan?

Untuk itu, Medianers akan sarikan poin-poin krusial mengenai perawatan bayi umur 1 bulan dari fakta dari kitab berjudul, " Seri Kesehatan Balita & Anak Pra Sekolah," terbitan Direktorat Kesehatan Keluarga, Dirjen Kesmas, Kemenkes, (2019).

Terkait : Pedoman Tahap Tumbuh Kembang Bayi 0-12 Bulan

Dalam buku dimaksud menyatakan, "perkembangan bayi umur 1 bulan adalah telah mampu menatap ke ibu, mengeluarkan suara 'o...O. O,' & bayi sudah mampu tersenyum, dan menggerakkan tangan & kaki."

Perawatan Bayi Usia 1 Bulan

Pada umur  1 bulan, bayi wajib diberikan ASI. Sebetulnya ASI harus diberikan kepada bayi segera setelah lahir. Sampai usia 6 bulan, bayi hanya diberi ASI tanpa minuman atau makanan lain termasuk air putih (ASI eksklusif).

Kemudian, supaya bayi umur 1 bulan terhindar dari penyakit, disarankan buat diberikan imunisasi. Pada usia 0 - 7 hari, bayi direkomendasikan menerima imunisasi Hepatitis-B (HB-0), & usia 1 bulan imunisasi BCG, & Polio-1.

Hal itu diterangkan pada buku 'Seri Kesehatan Balita dan Anak Pra Sekolah,' pada laman 6. Apabila Ibu dan Ayah ragu, usahakan konsultasikan dulu dalam dokter seorang ahli anak, tentang anugerah imunisasi pada bayi umur 1 bulan.

Selanjutnya, perawatan bayi usia 1 bulan pada rumah adalah bayi wajib permanen pada keadaan hangat & tidak kedinginan, & jika bayi menangis, maka bunda atau ayah tidak membiarkan bayi menangis terlalu usang.

Menjauhkan bayi menurut asap rokok, asap dapur, asap sampah, asap kendaraan bermotor dan menjaga aliran udara pada rumah agar tetap bersih, & bebas dari polusi udara. Serta menjaga kebersihan tempat tinggal & lingkungan.

Sedapat mungkin, menjauhkan bayi menurut orang sakit, meskipun itu penyakit batuk dan flu, usahakan bayi nir dicium. Dan, selalu menjaga kebersihan diri bayi, dan melindungi berdasarkan gigitan nyamuk menggunakan memakai kelambu.

Tanda Bahaya dalam Bayi Umur 0-1 Bulan

Adapun tanda bahaya bagi bayi umur 0-1 bulan merupakan bayi mengalami kesulitan bernafas, gemetar atau kejang-kejang. Demam & panas tinggi. Menderita diare atau BAB cair lebih dari 3 kali sehari.

Kemudian, tidak mau atau kurang menghisap ASI. Bayi merintih atau menangis monoton. Mata bayi bernanah. Kulit dan mata bayi menguning. Tali pusar kemerahan sampai dinding perut, berbau atau mengeluarkan nanah atau cairan, & tinja bayi berwarna pucat.

Perawatan bayi umur 1 bulan bila demam yang sanggup dilakukan oleh Ibu & Ayah pada rumah adalah mengatasi demam dengan menaruh kompres air hangat kuku. Beri asupan cairan ASI lebih tak jarang, agar bayi nir kekurangan cairan.

Jika mendapati tanda bahaya seperti di atas, dan demam masih berlanjut, sebaiknya bayi dibawa segera ke dokter anak untuk mendapatkan pengobatan. Atau bawa ke pelayanan kesehatan terdekat. Jangan dibiarkan bayi lama di rumah tanpa penanganan. (Nurman)

Terkait : Tips Merawat Bayi Usia 1 Bulan

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini