WHAT'S NEW?
Loading...

Perbedaan Akper dan STIKes| Bloggout

Medianers ~ Perbedaan antara Akper dan STIKes adalah terletak pada jurusan atau program studi tersedia. Akper singkatan dari Akademi Keperawatan hanya menyelenggarakan pendidikan Diploma III (D-3) Keperawatan saja. Sedangkan STIKes singkatan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, berbagai jurusan pendidikan kesehatan ada di STIKes, termasuk Diploma III Keperawatan.

Lama pendidikan di Akper hanya 3 tahun. Dan, pada Akper juga nir tersedia program studi lainnya. Sedangkan di STIKes lebih poly jurusan kesehatan atau program studi yg diselenggarakan. Mulai dari D-tiga, D-4 sampai program studi S-1.

Program studi di STIKes biasanya ada jurusan S-1 Keperawatan, tambah program profesi Ners, S-1 Kesehatan Masyarakat, S-1 Gizi, D-IV Analis Kesehatan, D-IV Kebidanan dan berbagai pendidikan Diploma III Kesehatan lainnya, seperti D-3 Kebidanan, D-3 Analis Kesehatan, D-3 Keperawatan, dan D-3 Gizi.

Baca juga : Perbedaan S1 Keperawatan dengan Profesi Ners

Kesimpulan, Akper adalah forum pendidikan tinggi D-tiga keperawatan, yg hanya menghasilkan lulusan D-3 Keperawatan, lulusannya diklaim menjadi perawat vokasional. Sedangkan STIKes jua lembaga pendidikan tinggi yang menyelenggarakan banyak sekali program studi bidang kesehatan.

Lulusan STIKes tidak hanya Ners, dan perawat vokasional saja. Tapi Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM), bidan, Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM), Ahli Gizi, dan sarjana kesehatan lainnya. (Nurman)

Baca juga : Beda Perawat Ners dengan Tamatan Akper

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini