WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Gangguan Menstruasi dan Cara Mengatasinya | Bloggout

Gangguan-Menstruasi-dan-Cara-Mengatasinya

[ 14/03/2020 09:05:47 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Gangguan Menstruasi dan Cara Mengatasinya" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:05:47, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Gangguan Menstruasi dan Cara Mengatasinya:

Berikut Gangguan Menstruasi yang Sering Dialami Wanita

Amenorrhea (terlambat datang bulan)

Dismenore (menstruasi menyakitkan)

Menoragia (pendarahan menstruasi berlebihan)

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Gangguan Menstruasi dan Cara Mengatasinya" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Jenis dan Cara Mengatasi Gatal-Gatal Pada Bayi

Itulah gangguan menstruasi dan cara mengatasiyang perlu Anda ketahui. Artikel lainnya artikel tentang Tips memperlancar menstruasi secara alami.

Monoragio ialah gejala yang tandai dengan banyaknya darah yang keluar saat menstruasi. Wanita dalam siklus yang normal akan mengeluarkan darah 30 ml selama 7 hari menstruasi. Namun jika lebih dari itu maka Anda perlu waspada terjadinya gangguan monoragia. Penyebab terjadinya monoragia ialah ketidakseimbangnya jumlah estrogen dalam tubuh dan penyakit lainnya yaitu infeksi pada rahim atau pada jalan rahim, penyakit darah. Jika gangguan ini sering terjadi maka sebaiknya segera buat mengecekkan ke dokter.

Dismenore ialah gangguan saat menstruasi merasa sangat sakit. Biasanya sakit yang dirasakan pada bagian perut terasa nyeri dan perut bagian bawah hingga menyebar pada bagian pinggang. Selain itu juga disertai rasa nyeri dan kram pada perut yang sangat parah, adapun kram tersebut terjadi karena kontraksi dalam rahim. Jika gangguan ini terjadi pada perempuan remaja ini bukanlah menunjukkan sebuah penyakit tertentu. Namun jika terjadi kepada perempuan yang sudah tua bisa jadi ini karena sebuah penyakit yaitu seperti radang panggul, kehamilan estropik dan fibroid uterus. Cara buat meringankan gangguan ini ialah dengan cara mengonsumsi obat anti nyeri, mengkompres perut dengan menggunakan botol yang berisi air hangat dan melakukan olahraga ringan.

Gangguan yang pertama ini ialah salah satu yang sangat meresahkan kebanyakan perempuan pada biasanya. Amenorrhea (terlambat datang bulan) terjadi karena gangguan hormon atau masalah pertumbuhan. Selain itu gangguan ini juga dapat dikarenakan oleh rendahnya hormon pelepas gonadotropin (pengatur siklus haid), stres, penurunan berat badan, penurunan atau naiknya berat badan secara ekstrim dan lain sebagainya. Adapun cara buat mengatasinya ialah cukup dengan melakukan istirahat yang cukup dan makan makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi seperti buah-buahan, daging tanpa lemak, dan cokelat.

Terkait dengan menstruasi secara normal menstruasi akan terjadi pada seseorang yang sudah beranjak umur 11-16 tahun, tapi semua tergantung dari faktor yang dapat memicu terjadinya menstruasi yaitu faktor kesehatan perempuan, nutrisi, berat badan dan lain sebagainya. Sedangkan jangka waktu menstruasi akan dialami oleh perempuan ialah 28 hari sesudah mengalami menstruasi pada bulan pertama dalam kurun waktu 7-15 hari. Tidak hanya itu saja, perempuan yang mengalami menstruasi tentu saja akan mengalami banyak ganguan. Adapun gangguan yang umum terjadi saat menstruasi ialah sebagai berikut.

Menstruasi ialah ciri atau tanda bahwa seorang perempuan telah beranjak dewasa. Terjadinya menstruasi dipengaruhi oleh otak pada bagian yang bernama hipotalamus. Pada bagian inilah yang akan mempangaruhi dan memerintahkan kepada kelenjar hipofiser buat mengeluarkan hormon FSH (follicle stimulating hormone). Hormon inilah yang akan bekerja merangsang indung telur atau ovarium buat menghasilkan sel telur. Jika sel telur berhasil dibuahi maka akan terjadi kehamilan, walau jika tidak dibuahi sel telur akan luruh dan terjadilah menstruasi tersebut.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini