WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Penyebab Kaki Sering Kesemutan dan Cara Mengatasinya | Bloggout

Penyebab-Kaki-Sering-Kesemutan-dan-Cara-Mengatasinya

[ 14/03/2020 09:16:35 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Penyebab Kaki Sering Kesemutan dan Cara Mengatasinya" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:16:35, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Penyebab Kaki Sering Kesemutan dan Cara Mengatasinya:

Inilah faktor dan cara mengatasi kaki yang sering kesemutan

  • Melakukan peregangan
  • Menghindari alkohol
  • Memenuhi vitamin B1, B6, dan B12
  • Mandi air hangat

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Penyebab Kaki Sering Kesemutan dan Cara Mengatasinya" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Inilah Obat Radang Tenggorokan Paling Ampuh

Nah itulah beberapa faktor kaki sering kesemutan dan cara mengatasinya. Namun jika Anda mengalami kesemutan disertai dengan kelemahan di sisi tubuh, mati rasa, sakit kepala dan kesadaran menurun. Sebaiknya Anda segera minta tolong seseorang buat  membawa ke dokter. Karena hal ini merupakan salah satu gejala dari penyakit stroke.

Mandi air hangat sebelum tidur juga dapat memberikan manfaat kesehatan. Selain dapat membuat tubuh rileks, mandi air hangat juga bisa membantu mengendurkan otot-otot tegang di tangan dan juga di kaki.

Cara mencegah kesemutan berikutnya ialah dengan cara memenuhi asupan vitamin B, terutama vitamin B1, B6 dan B12. Selain dapat melancarkan metabolisme tubuh, vitamin tersebut dapat menjaga jaringan saraf agar berfungsi dengan baik.

Seperti yang Anda ketahui salah satu faktor kesemutan ialah kecanduan minuman beralkohol. Untuk itu, cara terbaik buat mencegahnya ialah menghindari minuman beralkohol. Hal ini karena minuman beralkohol dapat mengakibatkan defisiensi vitamin B, termasuk vitamin B1. Dimana fungsi dari vitamin tersebut ialah menjaga kesehatan jaringan saraf.

Melakukan peregangan ialah cara paling efektif buat mencegah kesemutan. Jika Anda terkadang duduk maupun berdiri dalam jangka waktu yang lama, cobalah buat menggerakkan badan dalam  beberapa menit. Anda bisa melakukan peregangan setiap satu jam sekali.

Cara mencegah kesemutan

Namun Anda jangan khawatir, karena tangan maupun kaki sering kesemutan dapat diminimalisir dengan cara mengaplikasikan pola dan gaya hidup yang lebih sehat, seperti olahraga secara teratur, menjaga berat badan agar lebih ideal, berhenti merokok, serta menghindari terpapar racun.

Sebagai contoh jika kesemutan dikarenakan karena diabetes, maka dokter akan mengingatkan Anda buat selalu mengontrol kadar gula dalam darah, mengaplikasikan gaya hidup sehat maupun dengan cara beraktifitas fisik.

Akan tetapi sebelum menjalani pemeriksaan medis, biasanya dokter akan menanyakan beberapa gejala yang Anda alami, keadaan lingkungan kerja, riwayat penyakit keluarga, riwayat kesehatan serta gaya hidup Anda. Setelah Anda didiagnosis pastinya akan lebih mudah buat mengatasi kesemutan.

Selain karena kecanduan alkohol, saraf terjepit maupun karena penyakit peripheral arteri, faktor dari kesemutan juga dapat dipastikan dengan beberapa cara. Salah satunya yaitu  dengan menanyakannya ke dokter. Untuk memastikannya, beberapa tes mungkin dilakukan, mulai dari pemeriksaan cairan serebrospinal, tes MRI, biopsi saraf, tes darah dan elektromiogram.

Cara Mengetahui Penyebab Pasti dari Kesemutan

Peripheral artery disease (PAD) merupakan penyempitan dan penyumbatan arteri karena penumpukan kolesterol dan lemak  di dinding pembuluh darah arteri. Sehingga hal ini mengakibatkan aliran darah yang menuju ke kaki tersumbat dan tidak lancar. Hal ini juga dapat mengakibatkan saraf kekurangan oksigem dan nutrisi. Yang pada akhirnya hal ini mengakibatkan kesemutan pada kaki.

Penyakit Peripheral arteri

Berikutnya ialah karena alkohol. Seseorang yang sering mengonsumsi alkohol juga dapat mengakibatkan kesemutan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengakibatkan keusakan saraf yang ditandai dengan terjadinya kesemutan.

Kecanduan alkohol

Penyebab kaki sering kesemutan berikutnya ialah karena saraf terjepit. Kesemutan yang terjadi akibat saraf terjepit biasanya terjadi pada salah satu kaki maupun pada bagian tertentu sesuai dengan saraf yang terjepit. Selain kesemutan, bagian tubuh yang terkena saraf terjepit juga akan mengalami gejala lainnya seperti rasa kebas serta rasa nyeri pada area saraf yang terjepit. Jika kesemutan dikarenakan oleh hal ini maka Anda harus berobat ke dokter buat mendapatkan penangangan lebih lanjut.

Saraf terjepit

Diabetes juga dapat menjadi salah satu faktor kaki kesemutan. Hal ini dikarenakan gula darah tinggi dapat merusak saraf-saraf tepi. Biasanya kesemutan yang dikarenakan oleh diabetes, terjadi pada ke-2 kaki dan ujung-ujung jari dan disertai dengan gejala awal diabetes lainnya, seperti sering haus, sering buang air kecil, sering merasa lapar dan lainnya. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin, pola makan yang baik serta berolahraga secara teratur.

Diabetes

Penyebab yang pertama ialah karena malnutrisi. Malnutrisi sendiri yaitu kekurangan vitamin B, terutama vitamin B1, B6 dan juga B12. Gejala kesemutan yang dikarenakan oleh hal ini ialah kesemutan terjadi pada ke-2 kaki. Cara mengatasinya pun sangat mudah, yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut maupun dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin kompleks.

Malnutrisi

Namun tak hanya itu saja faktor dari kaki yang sering kesemutan. Kaki yang sering kesemutan juga dapat dikarenakan karena keadaan kesehatan yang bermasalah. Untuk lebih jelasnya, berikut ialah faktor kaki kesemutan dan cara mengatasinya.

Hampir setiap orang sepertinya pernah mengalami kesemutan. Bagian tubuh yang sering mengalami kesemutan ialah kaki. Kaki sering kesemutan biasanya terjadi karena duduk bersila terlalu lama maupun saat kaki tertindih. Namun Anda jangan khawatir, kesemutan yang seperti ini ialah normal dan ngga berbahaya, karena pada saat kaki tertindih maupun saat duduk bersila terjadi tekanan pada pembuluh darah sistem saraf. Cara paling efektif buat mengatasi hal ini ialah dengan meluruskan kaki.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini