WHAT'S NEW?
Loading...

Mari Mengenal Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri | Bloggout

Inilah-Penyebab-Sakit-Perut-Sebelah-Kiri

[ 14/03/2020 09:14:46 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Inilah Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:14:46, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Inilah Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri:

Penyebab dari sakit perut sebelah kiri pada perempuan

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Inilah Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Jenis Penyakit Jantung Bawaan yang Perlu Diwaspadai

Demikianlah ulasan mengenai faktor sakit perut sebelah kiri yang perlu di ketahui. Selain itu, faktor dari sakit perut sebelah kiri juga dapat dikarenakan karena robek usus, angina, kista ovarium, hiatus hernia, serangan jantung, pembesaran limpa dan masih lainnya.

Berikutnya ialah radang pankreas. Seperti yang Anda ketahui pankreas merupakan salah satu organ tubuh yang terletak di sebelah kiri. Mungkin saja jika organ ini mengalami masalah kesehatan sehingga mengakibatkan sakit perut.

Radang pankreas

Jika perut sebelah kiri atas nyeri dan sakit kemungkinan besar juga dapat dikarenakan karena gangguan lambung. Beberapa gangguan lambung yang dapat terjadi ialah gastritis, tukak lambung dan juga esophagitis. Bagi Anda yang memiliki riwayat sakit lambung, sebaiknya segera periksakan ke dokter jika mengalami hal ini. Karena terlambat dalam penanganan dapat membuat penyakit ini semakin berbahaya.

Gangguan lambung

Pelvic Inflammatoty Disease atau PID merupakan infeksi bakteri rahim, ovarium dan juga tuba fallopi atau yang biasa disebut dengan penyakit radang panggul. Penyakit ini mengakibatkan meningkatnya keputihan dan rasa sakit pada perut bagian bawah. Penularan penyakit PID ini ialah lewat  hubungan seksual.  Penularannya pun dari miss V dan leher rahim sampai ke perut.

Pelvic Inflammatoty Disease

Fibroid merupakan suatu keadaan tumbuhnya otot-otot di dalam rahim secara tidak normal. Fibroid juga bisa disebut batu rahim. Hal ini karena penyakit ini muncul seperti jika keras pada dinding rahim. Dan mereka akan membelah dan tumbuh secara berlahan. Hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor dari sakit perut. Untuk mengatasinya, terkadang dilakukan operasi.

Fibroid

Bagi seseorang yang sudah berumur 60 tahun, sakit perut sebelah kiri bawah bisa jadi dapat dikarenakan oleh divertikulitis. Secara medis, penyakit yang satu ini juga dapat diartikan sebagai gangguan pencernaan pada usus besar yang mengakibatkan peradangan kantong yang terapat pada sisi luar usus besar.

Divertikulitis

Penyebab sakit perut sebelah kiri berikutnya ialah karena endomeriosis. Endomeriosis merupakan penyakit yang dikarenakan karena sel-sel endometrium (selaput bagian dalam rahim) tumbuh di luar rongga rahim. Sakit perut yang dikarenakan oleh penyakit ini bisa menjadi lebih buruk saat menstruasi.

Endomeriosis

Sembeli atau susah buang air besar juga dapat mengakibatkan nyeri perut dibagian kiri maupun kanan. Biasanya rasa sakit tersebut akan datang sesudah buang air besar. Untuk menghindari hal ini pastikan Anda selalu mencukupi kebutuhan air serta mengonsumsi makanan yang mengandung serat dalam setiap harinya. Beberapa makanan yang kaya akan serat, antara lain buah-buahan dan juga sayuran hiaju.

Sembelit

Aorta perut merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menuju ke perut. Jika pembuluh darah tersebut pecah tentu saja hal ini akan mengakibatkan sakit perut yang sangat parah. Selain di bagian kiri, sakit perut yang dikarenakan karena hal ini juga dapat menyebar ke perut tengah dan belakang. Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara yang sering dilakukan ialah dilakukannya operasi aneurisma aorta.

Aneurisma aorta perut

Penyebab berikutnya ialah karena kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik atau hamil di luar kandungan  mengakibatkan tubuh ibu hamil secara spontan mengusir janin keluar selama tahap awal kehamilan. Jika ibu hamil mengalami hal ini, tanda utama yang sering muncul ialah pendarahan pada vagina dan sakit perut di bagian kiri.

Kehamilan ektopik

Selain batu ginjal, kemungkinan lain faktor sakit perut yang disebelah kiri ialah adanya kanker. Ketika kanker sudah tumbuh ke perut sebelah kiri, tentu saja hal ini dapat mengakibatkan perut terasa sakit dan nyeri. Selain sakit perut, konstipasi, hilangnya nafsu makan, kebiasaan buang air besar dan  berat badan menurun juga merupakan gejala kanker perut.

Kanker

Penyebab yang pertama ialah batu ginjal. Salah satu gejala batu ginjal yang wajib Anda waspadai ialah  sakit perut sebelah kiri bawah. Batu ginjal tersebut akan turun ke saluran kencing atau ureter. Sehingga hal ini akan mengakibatkan sakit perut bagian bawah. Selain perempuan, para pria yang menderita batu ginjal juga akan mendapati gejala yang satu ini. selain sakit perut,  batu ginjal juga disertai dengan rasa mual, muntah serta susah buang air kecil.

Batu ginjal

biasanya ada beberapa hal yang mengakibatkan perut terasa sakit dan juga nyeri, salah satunya karena menstruasi. Namun tahukah Anda, Selain menstruasi yang mengakibatkan sakit perut. Bahkan sakit perut dapat menjadi sebuah tanda-tanda bahwa kita sedang mengalami gangguan kesehatan dan biasanya sakit perut sebelah kiri pada perempuan sangat berhubungan dengan sistem reproduksi. Oleh karena itu, jika Anda mengalami sakit perut sebelah kiri pastikan tidak mengabaikannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ialah faktor sakit perut sebelah kiri pada perempuan yang perlu diketahui.

0 comments:

Post a Comment