WHAT'S NEW?
Loading...

Metode Mengatasi Sembelit Secara Alami dan Pencegahannya | Bloggout

Cara-Mengatasi-Sembelit-Secara-Alami- dan-Pencegahannya

[ 14/03/2020 09:18:00 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami  dan Pencegahannya" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:18:00, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami  dan Pencegahannya:

Cara ampuh buat mengatasi susah buang air besar

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami  dan Pencegahannya" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Inilah Tips Memilih Makanan Sehat dan Bergizi untuk Tubuh

Nah itulah beberapa cara mengatasi sembelit dan pencegahannya yang dapat Anda coba.

Ketika semua cara yang Anda lakukan gagal, cobalah buat berolahraga. Dengan berolahraga akan merangsang usus buat melancarkan feses. Beberapa olahraga yang dapat merangsang usus, antara lain berenang, berjalan kaki, jogging maupun melakukan gerakan senam aerobik buat mengatasi sembelit dan pastinya juga buat menurunkan berat badan. Selain berolahraga, penelitian dari Inggris juga menyatakan bahwa minum secangkir kopi berkafein juga dapat merangsang pergerakan usus.

Berolahraga

Cara mengatasi sembelit berikutnya ialah dengan dengan minum air putih secara teratur. Minumlah 6 sampai 8 gelas dalam setiap harinya aar feses tetap lunak dan tidak mengakibatkan konstipasi.  Robyn Karlstadt, MD, seorang ahli pencernaan di Rumah Sakit Graduate di Philadelphia juga menyarankan buat minum air putih buat mengatasi dan mencegah sembelit.

Minum air putih

Selain buah dan sayur, gandum juga kaya akan serat lembut yang bisa membantu menggerakkan feses. Kata Elaine Feldman, MD, profesor emeritus of medicine di Medical College of Georgia mengonsumsi beberapa roti gandum, sedikit buah dan sayur dalam setiap harinya juga cukup mampu buat mengatasi sembelit yang Anda derita.

Mengonsumsi gandum

Cara yang ke-2 ialah dengan mencoba pencahar alami. tak perlu menggunakan obat pencahar yang dijual di toko obat, Anda bisa menggunakan obat pencahar alami seperti buah dan sayur. Buah dan sayur yang Anda konsumsi kaya akan serat yang mampu mendorong makanan yang masih di dalam usus. Beberapa buah dan sayur kaya serat yang dapat Anda konsumsi ialah pisang, pepaya, alpukat, jeruk, brokoli, kol dan lainnya. Tak hanya itu saja, kata dr Wilson mengonsumsi secangkir kaldu hangat juga mampu melancarkan pencernaan.

Mengonsumsi pencahar alami

Seorang ahli pencernaan dan profesor kedokteran di Duke  University Hospital di Durham, NC, Joanne AP Wilson, MD menyatakan bahwa mengonsumsi makanan sesuai dengan jam makan dapat membuat isi di dalam perut bergerak menuju ke usus besar. Sehingga seseorang sering melewatkan jam makan seperti sarapan, makan siang maupun makan malam sering mengalami sembelit maupun gangguan pencernaan lainnya.

Jangan melewatkan makan

Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda. Sebelum mengatasinya, Anda harus mengetahui faktor susah buang air besar terlebih dahulu, yaitu pola makan yang tidak seimbang, kurang asupan makanan berserat, kebiasaan menunda buang air besar maupun karena gangguan pada sistem pencernaan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ialah cara mengatasi sembelit secara alami dan pencegahannya.

Sembelit atau yang biasa disebut dengan susah buang air besar merupakan suatu keadaan yang sangat menyiksa bagi mereka yang mengalaminya. Selain dapat mengakibatkan perut kembung, tubuh mudah lelah dan tidak enak sembelit juga dapat mengakibatkan tidur tidak nyenyak dan bahkan jerawat. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali kotoran yang menumpuk di dalam tubuh.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini