WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Ingin Tumbuh Kembang Balita Optimal? Penuhi Nutrisi Berikut Ini!

Ingin-Tumbuh-Kembang-Balita-Optimal?-Penuhi-Nutrisi-Berikut-Ini!

[ 14/03/2020 09:19:11 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Ingin Tumbuh Kembang Balita Optimal? Penuhi Nutrisi Berikut Ini!" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:19:11, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Ingin Tumbuh Kembang Balita Optimal? Penuhi Nutrisi Berikut Ini!:

Nutrisi  yang harus dipenuhi buat mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Ingin Tumbuh Kembang Balita Optimal? Penuhi Nutrisi Berikut Ini!" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Bolehkah Mengonsumsi Nanas untuk Ibu Hamil? Berikut Penjelasannya!

Demikianlah ulasan mengenai nutrisi yang harus dipenuhi agar tumbuh kembang balita optimal.

Berikutnya ialah dengan melakukan stimulasi. Beberapa stimulasi yang harus dipenuhi ialah stimulasi komunikasi, motorik, sensorik dan juga kognitif.

Kebutuhan stimulasi

Kebutuhan psikososial emosi meliputi kasih sayang, perhatian, dukungan, tokoh panutan, rasa peduli, pola asuh yang dianut orang tua. Dan tentu saja hal ini dilakukan oleh orang tua sendiri. Oleh karena itu agar si kecil memiliki tumbuh kembang yang optimal pastikan Anda sebagai orang tua mengasihnya dengan kasih sayang dan perhatian.

Kebutuhan psikososial emosi

Selain itu, kebutuhan dasar biologis yang dibutuhkan oleh balita ialah keseimbangan karbohidrat, protein, lemak dan juga mineral. Namun tak hanya itu saja. agar tumbuh kembang balita optimal, para orang tua juga haru melakukan imunisasi secara teratur, mengajaknya berolahraga dan aktivitas fisik lainnya. Selain itu, dr Alinda juga menyatakan bahwa ada beberapa hal lainnya yang dapat meningkatkan tumbuh dan kembang anak, antara lain:

Yang ke-2 ialah zat besi. Zat besi ialah unsur penting yang memiliki peranan penting dalam memproduksi dan pemeliharaan mielin dan juga mempengaruhi perangsangan saraf. Kekurangan zat besi dalam tubuh daapt mengakibatkan rendahnya kecerdasan si kecil. Oleh karena itu sangat penting sekali memenuhi asupan nutrisi yang satu ini. beberapa makanan kaya zat besi yang dapat dikonsumsi ialah jeruk, buah bit, pepaya, sereal dan masih banyak lagi.

Zat besi

Yang pertama ialah vitamin. Vitamin merupakan salah satu hal yang harus dipenuhi agar pertumbuhan dan perkembangan anak tetap optimal. Beberapa vitamin yang harus dipenuhi ialah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K. Vitamin A digunakan buat menjaga kesehatan mata, vitamin B buat membantu perkembangan otak, vitamin C buat meningkatkan kesehatan tubuh, vitamin D buat menguatkan tulang dan gigi, vitamin E buat meningkatkan fungsi otak dan vitamin K buat membantu penyerapan kalsium.

Vitamin

Untuk faktor internal sendiri ialah dari faktor genetik dan proses intrauterin. Sedangkan faktor eksternal meliputi, nutrisi, emosi, penyakit, olahraga dan juga olahraga. Untuk lebih jelasnya, berikut ialah beberapa nutrisi yang harus dipenuhi agar tumbuh kembang balita lebih optimal.

Pertumbuhan merupakan terjadinya peningkatkan ukuran fisik, tinggi badan, berat badan dan lainnya. sedangkan perkembangan ialah pematangan sistem organ tubuh, terutama sifat, otak, karakter dan juga sistem saraf otot. Seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis anak RSIA Kemang Medical Center, dr Alinda Rubiati Wibowo, SpA(K), ia menyatakan bahwa ada dua faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak, yaitu faktor internal dan eksternal.

Semua orang tua tentu saja mengharapkan bocah mereka tumbuh dan tumbuh secara optimal. Namun tak jarang para orang tua bingung apa saja cara yang amat tepat dilakukan agar tumbuh kembang balita lebih optimal. Sebelum  memenuhi apa saja nutrisi yang dibutuhkan balita, para orang tua sebaiknya mengetahui apa itu perbedaan pertumbuhan dan perkembangan.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini