WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes | Bloggout

Makanan-Pengganti-Nasi-untuk-Penderita-Diabetes

[ 14/03/2020 09:14:23 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:14:23, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes:

Inilah makanan pengganti nasi yang perlu diketahui

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Makanan Pengganti Nasi untuk Penderita Diabetes" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Bahaya Daging Babi Bagi Kesehatan

Demikianlah ulasan mengenai makanan pengganti nasi buat penderita diabetes. Artikel lainnya artikel tentang Gejala diabetes melitus yang perlu Anda waspadai.

Selain sangat bagus buat diet, Kentang juga dapat Anda jadikan makanan pokok selain nasi. Akan tetapi cara mengolah kentang yang salah dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Salah satunya yaitu saat diolah menjadi kentang goreng. Proses penggorengan tersebut membuat kentang mengandung lemak dan kolesterol jahat. Cara terbaik dalam mengolah kentang ialah dikukus maupun direbus.

Kentang

Meski tak sepopuler roti gandum, singkong maupun beras merah talas juga memilki kandungan vitamin yang sangat besar. Kandungan terbesar di dalam talas ialah protein dan juga karbohidrat. Selain dapat mengontrol gula darah, talas juga dapat mencegah resiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi. Talas yang direbus tanpa tambahan apapun terbebas dari kolesterol dan tentunya memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh.

Talas

Makanan pengganti nasi berikutnya ialah roti gandum. Roti gandung whole grain pada biasanya lebih baik jika dibandingkan dengan roti gandum yang whole wheat. Hal ini dikarenakan roti gandum whole grain hampir tak memiliki efek buat menaikkan kadar gula dalam darah. walaupun begitu, jangan mengonsumsi roti gandum secara berlebihan.

Roti gandum

Yang ke-2 ialah singkong. walaupun sering dianggap sebagai hidangan kelas bawah. Akan tetapi seseorang penderita diabetes sangat dianjurkan buat mengonsumsi makanan ini. singkong merupakan sumber karbohidrat komplek yang memiliki nilai GI dibawah 55. Tak hanya itu saja, sama seperti beras merah, singkong juga kaya akan serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahar di dalam tubuh. Anda bisa mengolah singkong dengan cara direbus, dikukus maupun dibakar.

Singkong

Jika beras putih tidak baik buat penderita diabetes, maka berbeda dengan beras merah. Beras merah merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang dapat Anda coba. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki GI yang rendah yaitu hanya 50. Selain dapat mengontrol kadar gula dalam darah, beras merah juga kaya akan serat dan vitamin B. Serat berfungsi buat meningkatkan kepekaan sel dalam menerima hormon insulin. Sedangkan vitamin B dapat memenuhi asupan vitamin dalam setiap harinya.

Beras merah

Semakin tinggi suatu GI tentu saja ini memiliki efek terhadap kenaikan kadar gula darah dan pada akhirnya ini akan mengakibatkan penyakit diabetes. Lalu apa saja makanan pengganti nasi buat penderita diabetes? Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

Seperti yang kita ketahui, nasi merupakan salah satu makanan pokok yang harus dipenuhi dalam setiap harinya. Belum lengkap rasanya kalau belum mengonsumsi nasi. walaupun begitu, bagi seseorang yang menderita diabetes tidak baik mengonsumsi nasi yang berlebihan. Hal ini dikarenakan nasi putih  memiliki indeks glikemik (GI) yang cukup tinggi. Yaitu 88 hingga 89.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini