WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Ibu Hamil Minum Kopi, Aman Atau Bahaya? Berikut Ulasannya! | Bloggout

Ibu-Hamil-Minum-Kopi,-Aman-Atau-Bahaya?-Berikut-Ulasannya!

[ 14/03/2020 09:27:47 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Ibu Hamil Minum Kopi, Aman Atau Bahaya? Berikut Ulasannya!" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:27:47, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Ibu Hamil Minum Kopi, Aman Atau Bahaya? Berikut Ulasannya!:

Resiko ibu hamil minum kopi terlalu sering

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Ibu Hamil Minum Kopi, Aman Atau Bahaya? Berikut Ulasannya!" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Artikel lainnya bolehkah ibu hamil mengonsumsi nanas? Berikut penjelasannya!

Kopi juga dapat mengakibatkan sakit kepala. Sakit kepala yang tak tertahankan bisa saja mengakibatkan ibu hamil terjatuh dan bahkan terbentur. Seperti yang kita ketahui ibu hamil harus menghindari hal ini agar darah tidak menggumpal dan tidak menganggu persalinan.

Menyebabkan sakit kepala

Ibu hamil minum kopi yang terlalu sering juga dapat mengakibatkan dehidrasi. Padahal dehidrasi merupakan suatu keadaan yang sangat berbahaya dan harus dihindari oleh ibu hamil. Agar stamina tetap prima dan terjaga ibu hamil membutuhkan banyak cairan. Dalam setiap harinya, ibu hamil membutuhkan 8 hingga 10 gelas air.

Dehidrasi

Berikutnya ialah dapat mengakibatkan gangguan metabolisme. Seperti yang kita ketahui metabolisme merupakan suatu hal yang penting bagi setiap orang, tak terkecuali bagi janin. Seorang janin yang mengalami gangguan metabolisme, tentu saja dapat mengakibatkannya terkena berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu penyakit penurunan kognitif.

Gangguan metabolisme

Yang ke-2 ialah dapat mengakibatkan persalinan yang susah. Ibu halin yang terlalu banyak mengonsumsi kopi akan mengeluarkan darah yang banyak terlebih dahulu baru janin. Ibu hamil yang mengalami hal ini akan merasakan rasa sakit yang luar biasa. Hal ini dikarenakan saat mengejan ia mengeluarkan darah secara terus menerus.

Persalinan yang susah

Ibu hamil minum kopi yang terlalu sering, dapat membuat bayi yang dikandung menjadi kecanduan kopi. Sehingga hal ini mengakibatkan pembuluh darah yang ada di dalam tubuh bayi mengecil. Jika pembuluh darah mengecil sirkulasi darah tentu saja tidak lancar sehingga aliran oksigen yang diedarkan pun tak lancar. Jika bayi kekurangan oksigen serta aliran darah ia akan mudah terserang segala macam penyakit.

Menyebabkan aliran darah tidak lancar

Selain dapat mengakibatkan keguguran, asam lambung naik, bayi lahir dengan berat badan rendah, anemia dan insomnia, kopi juga dapat mengakibatkan risiko lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

dr   Aryando Pradana, SpOG, dokter spesialis kandungan di RSIA Bunda Menteng dan klinik bayi tabung, Morula IVF Clinic Jakarta menyarankan bahwa sebaiknya selama kehamilan membatasi konsumsi kafein dalam setiap harinya. Atau ibu hamil bisa mengganti kopi menjadi teh. Tak hanya itu saja, guna mengetahui kesehatan ibu dan janin, ibu hamil juga sebaiknya melakukan pemeriksaan USG.

Umumnya orang normal yang terlalu banyak minum kopi dapat beberapa hal seperto gangguan pencernaan, jantung berdetak kencang, insomnia dan juga kecemasan. Ibu hamil juga mengakibatkan hal yang sama. Namun tak hanya itu saja, minum kopi saat hamil juga dapat mengakibatkan beberapa kemungkinan seperti keguguran, kelahiran prematur, anemia, asam lambung naik maupun bayi lahir dengan berat badan rendah.

Sedangkan pada kehamilan di trimester ketiga, dibutuhkan waktu yang lebih pula yaitu hampir tiga kali lebih lama. Selain itu, fenol yang terkandung dalam kafein dapat membuat tubuh Anda susah buat menyerap zat besi dengan baik. Jika tidak segera diatasi tentu saja hal ini dapat membuat kesehatan Anda semakin terganggu. Ibu hamil  minum kopi yang berlebihan dapat mengakibatkan kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi pada ibu hamil dapat mengakibatkan anemia.

Efek tersebut dapat timbul lebih parah saat ibu hamil memasuki kehamilan trimester pertama. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mampu buat memecah kafein atau kemampuan tubuh dalam memecah kafein semakin melambat. Dan di trimester ketiga tubuh membutuhkan hampir dua kali lebih lama buat membersihkan kafein yang ada di tubuh Anda.

Artikel lainnya faktor keguguran pada kehamilan

Sebuah penelitian lainnya juga menemukan adanya resiko bayi mati sesudah beberapa jam kelahirannya menjadi dua kali lipat pada ibu hamil yang minum kopi lebih dari 500 mg kafein dalam setiap harinya. Sebaiknya ibu hamil tidak minum kopi karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung, merasa gelisah dan juga insomnia. Namun tak hanya itu saja, kopi juga dapat mengakibatkan heartbun (keadaan panas pada bagian perut).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil minum kopi lebih dari (>300 mg per hari) dapat meningkatkan resiko keguguran maupun berat badan lahir yang rendah. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap binatang juga menyatakan bahwa mengonsumsi kafein yang berlebihan selama hamil juga dapat mengakibatkan meningkatnya resiko kelainan kongenital.

Selain teh, kopi merupakan salah satu minuman favorit setiap orang di seluruh dunia. Tak hanya pria, para perempuan juga menyukai jenis minuman yang satu ini. Namun saat hamil sebaiknya para perempuan memperhatikan jumlah asupan kopi per hari agar tidak menimbulkan masalah pada kehamilannya. Seperti yang kita ketahui selama masa kehamilan para perempuan dianjurkan buat menjaga asupan makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat berpengaruh positf maupun negatif bagi kesehatan ibu dan janin.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini