WHAT'S NEW?
Loading...

Mari Kenali Sumber Vitamin C Alami di Sekitar Kita

Vitamin C merupakan vitamin esensial, maksudnya badan Kamu tidak bisa memproduksinya. Tetapi, dia mempunyai banyak peran serta pernah bersinggungan dengan khasiat kesehatan yang berkelas.

Sumber vitamin C alami di sekitar kita ditemui di banyak buah serta sayur- mayur, diantaranya pisang, stroberi, buah kiwi, paprika, brokoli, kangkung, serta bayam.

Buah dan sayur Sumber vitamin C alami


Konsumsi setiap hari yang dianjurkan buat vitamin C merupakan 75 miligram buat perempuan serta 90 miligram buat laki- laki.

Walaupun biasanya dianjurkan buat memperoleh konsumsi vitamin C dari santapan, banyak orang berpindah ke suplemen buat memenuhi keperluan mereka.

Buah Sebagai Sumber Vitamin C

Buah Pisang

Buah Pisang yang banyak mengandung Serat, Vit B6, Vit C, Potassium berkhasiat untuk orang yang mengkonsumsinya.

Berikut ini adalah kandungan gizi dalam buah Pisang pada setiap 100 gramnya (3,5oz)(1).
 
Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori89 kal
Karbohidrat22,8g
Air75%
Protein1,1g
Gula12,2g
Serat2,6g
Lemak0,3g
Vitamin A3µg0%
Vitamin C8,7mg10%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,1mg1%
Vitamin K0,5µg0%
Vitamin B1 (Thiamine)0,03mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,07mg6%
Vitamin B3 (Niacin)0,67mg4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,33mg7%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,37mg28%
Vitamin B9 (Folat)20µg5%
Vitamin B120µg
Cholin9,8mg2%
Kalsium5mg1%
Zat Besi0,26mg3%
Magnesium27mg7%
Fosfor22mg3%
Potassium (Kalium)358mg8%
Sodium1mg0%
Seng (Zinc)0,15mg1%
Tembaga (Copper)0,08mg9%
Manganese0,27mg12%
Selenium1µg2%

Buah Stroberi

Buah stroberi ialah sumber Vitamin C yang amat bagus, sedemikian itu pula halnya dengan isi flavanoids serta phenolic acids yang besar. Stroberi pula memiliki fisetin serta mempunyai tingkat besar antioksidan dibanding buah yang lain.

Buah stroberi amat kecil akan lemak jenuh( saturated fats), kolesterol serta sodium. Tidak hanya itu, stroberi pula termasuk sumber yang bagus untuk mineral potassium, mangan, serta zat besi, dilengkapi dengan sebagian vitamin semacam vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin K, vitamin A, and vitamin E.(2)


Buah Kiwi

Dalam buah kiwi nyatanya pula memiliki banyak sekali vitamin C. Jumlah kandungannya juga pula melampaui jeruk ialah sebesar 84 gr per satu buah sitrus. Buah kiwi ini pula banyak hendak antioksidan alhasil bisa menolong badan kala melawan bermacam berbagai peradangan dan radikal bebas di dalam badan.

Tidak hanya itu, pada kiwi pula ada isi vitamin A, E, serta K, dan memiliki mineral semacam potasium, mangan, magnesium, serta zat besi. Khasiat lain yang terdapat pada buah kiwi yaitu bisa menolong merendahkan efek stroke serta penyakit jantung. Sebab buah kiwi ialah sumber makanan yang banyak asam lemak omega 3.
Jeruk
Bukan rahasia lagi bila jeruk diketahui sebagai buah yang banyak memiliki vitamin C. Kandungani vitamin C dalam jeruk apalagi menggapai 53, 2 miligram per 100 gram ataupun memenuhi nyaris 90% kebutuhan setiap hari. Tetapi tidak cuma itu, jeruk pula banyak memiliki nutrisi berguna yang lain.(3)



Sayuran Yang Kaya Vitamin C

Paprika

Paprika ialah salah satu sayur- mayur yang banyak hendak vitamin C serta pula beta carotene. Paprika mempunyai banyak khasiat buat badan, semacam menyehatkan jantung, menghindari katarak, dan kurangi efek terbentuknya stroke serta serbuan jantung.

Sayur- mayur yang lazim jadi aksesoris dalam makanan ini mempunyai isi vitamin C sebesar 183 miligram dalam tiap 100 gramnya. Walaupun seluruh tipe paprika mempunyai banyak isi vitamin C, tetapi paprika kuning ialah yang sangat banyak memiliki vitamin C.

Brokoli


Brokoli mentah mengandung hampir 90% air, 7% karbohidrat, 3% protein, dan hampir tidak mengandung lemak.

Brokoli sangat rendah kalori, hanya menyediakan 31 kalori per cangkir (91 gram).

Brokoli memiliki beraneka ragam vitamin serta mineral, tercantum(4):
  • Vitamin C. Antioksidan, vitamin ini berarti buat guna imunitas badan serta kesehatan kulit. Satu jatah 1 atau 2 cawan( 45 gr) brokoli anom sediakan nyaris 70% dari DV.
  • Vitamin K1. Brokoli memiliki vitamin K1 dalam jumlah besar, yang berarti buat pemejalan darah serta bisa tingkatkan kesehatan tulang.
  • Folat( vitamin B9). Paling utama berarti untuk perempuan berbadan dua, folat dibutuhkan buat perkembangan jaringan wajar serta guna sel.
  • Potasium. Mineral elementer, potasium berguna buat pengawasan titik berat darah serta penangkalan penyakit jantung.
  • Mangan. Bagian jejak ini ditemui dalam jumlah besar di biji- bijian utuh, kacang- kacangan, buah- buahan, serta sayur- mayur.
  • Besi. Mineral penting, zat besi mempunyai banyak guna berarti dalam badan Kamu, semacam pemindahan zat asam dalam sel darah merah.

0 comments:

Post a Comment