WHAT'S NEW?
Loading...

Yuk Manfaatkan Lahan Kosong Dengan Budidaya Bunga Matahari

Gambar 1. Bunga Matahari


Bunga matahari diakui di seluruh dunia karena keindahannya. Bunga  ini juga merupakan sumber makanan penting. Budidaya bunga matahari bertujuan untuk minyak sayur dan juga dinikmati sebagai snack yang lezat dan bergizi.


Asal Usul Bunga Matahari

Tanaman Asli Amerika Utara

Gambar 2. Kebun Bunga Matahari


Kisah bunga matahari (helianthus annuus) memang menakjubkan. Bunga matahari liar merupakan tanaman asli Amerika Utara, namun komersialisasi tanaman ini banyak dilakukan di Rusia. Baru-baru ini saja bunga matahari kembali ke Amerika Utara untuk dibudidayakan.

Pada jaman dahulu suku Indian Amerika di seluruh Amerika Utara menanam tanaman ini. Sebagai bukti bahwa tanaman ini dibudidayakan oleh Indian Amerika adalah jejak tanaman ini ditemukan pada periode  3000 SM di Arizona dan New Mexico. Berdasarkan temuan tersebut beberapa arkeolog berpendapat bahwa bunga matahari mungkin telah dibudidayakan sebelum jagung.

Suku Indian kuno memanfaatkan bunga matahari untuk kue, bubur atau roti. Proses yang mereka lakukan adalah dengan menumbuknya hingga menjadi tepung. Beberapa suku mencampurnya dengan sayur-sayuran lain seperti kacang, labu, dan jagung. Ada juga referensi yang menceritakan bahwa biji bunga matahari diperas minyaknya dan menggunakan minyak tersebut dalam membuat roti.

Penggunaan bunga matahari sebagai produk non pangan adalah menggunakannya sebagai pewarna ungu untuk tekstil, tato tubuh dan dekorasi lainnya. Bagian lain dari tanaman ini juga digunakan sebagai obat, mulai dari gigitan ular hingga salep bagian tubuh lainnya. Minyak dari biji itu digunakan pada kulit dan rambut. Tangkai kering digunakan sebagai bahan bangunan.

Melanglang Buana

Ke- eksotisan tanaman Amerika Utara ini dibawa ke Eropa oleh penjelajah Spanyol sekitar tahun 1500 an. Selanjutnya tanaman ini tersebar luas di seluruh Eropa Barat sebagai hiasan, beberapa terapis pun juga menggunakannya sebagai obat. Tahun 1716, paten Inggris diberikan untuk memeras minyak dari biji bunga matahari.

Bunga matahari menjadi sangat populer sebagai tanaman budidaya pada abad ke-18. Sebagian besar kredit diberikan kepada Peter Agung. Tanaman ini awalnya digunakan sebagai hiasan, beberapa literatur menyebutkan bunga matahari yang dibudidayakan dengan di ambil minyaknya sejak 1769 . Pada tahun 1830, pembuatan minyak bunga matahari dilakukan pada skala komersial. Gereja Ortodoks Rusia meningkatkan popularitasnya dengan melarang sebagian besar makanan dengan minyak bunga matahari untuk dikonsumsi selama Prapaskah. Namun, bunga matahari tidak termasuk daftar makanan terlarang.

Pada awal abad ke-19, petani Rusia menanam lebih dari 2.000.000 hektar bunga matahari. Selama waktu itu, tujuan dibudidayakannya bunga ini adalah untuk : produksi minyak dan sebagian besar untuk langsung konsumsi sebagai makanan. Program penelitian pemerintah yang dipelopori oleh  V. S. Pustovoit mengembangkan program pemuliaan yang sangat sukses di Krasnodar. Kandungan minyak dan hasil panen meningkat secara signifikan. Saat ini, penghargaan ilmiah bunga matahari paling bergengsi di dunia dikenal sebagai penghargaan Pustovoit.

Pulang Kampung

Pada akhir abad ke-19, biji bunga matahari Rusia menemukan jalan ke Amerika Serikat. Pada tahun 1880, perusahaan ' Mammoth Rusia ' memasukan biji bunga matahari di katalognya. Nama benih khusus ini masih ditawarkan di AS pada tahun 1970, hampir 100 tahun kemudian. Kemungkinan sumber dari gerakan benih ini, dipelopori oleh para imigran Rusia. Komersialisasi pertama penggunaan tanaman bunga matahari di AS adalah sebagai pakan silase untuk unggas. Pada 1926, sebuah asosiasi pengolahan biji bunga matahari didirikan dengan mengambil nama The Missouri Sunflower Growers.

Kanada mulai resmi melauncing program pembibitan bunga matahari di tahun 1930. Benih pokok tanaman inin berasal dari kebun milik Mennonite (imigran dari Rusia). Pada tahun 1946, petani Kanada membangun sebuah pabrik penggilingan skala kecil. Selanjutnya budidaya tanaman ini menyebar ke Minnesota dan North Dakota. Pada tahun 1964, pemerintah Kanada melisensikan budidaya Rusia yang disebut Peredovik. Benih ini menghasilkan hasil yang tinggi dan kandungan minyak yang tinggi. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan di AS, komersialisasi dalam produksi minyak bunga matahari meningkat pula. Bunga matahari dihibridisasi di pertengahan tahun tujuh puluhan dengan memberikan hasil tambahan dan peningkatan minyak serta resistensi penyakit.

Masuk ke Indonesia

Sampai saat ini penulis belum menemukan literatur yang menerangkan sejak kapan bunga matahari masuk ke Indonesia. Bisa jadi sejak jaman penjajahan Belanda atau lebih lebih awal dibanding masa masa itu. Untuk menikmati keindahan taman bunga matahari setidaknya kini sudah ada spot wisata di tanah air. Semisal di Kediri, Jawa Timur. Kebun bunga matahari ini berada di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto,  Kediri.  Kebun yang pada awalnya hanya untuk mengisi lahan kosong ini akhirnya menjadi destinasi wisata menarik. Untuk bisa masuk ke dalam kebun bunga, pengunjung bahkan tidak dipungut biaya, namun sekedar mengisi kotak amal untuk penjaga kebun.

Manfaat Bunga Matahari

Minyak Bunga Matahari

Minyak bunga matahari dihasilkan dari biji bunga matahari secara alami. Minyak bunga matahari lebih banyak mengandung vitamin E daripada minyak nabati lainnya. Hal ini merupakan kombinasi dari lemak tak jenuh tunggal dan tidak jenuh ganda dengan kadar lemak jenuh yang rendah.

Joan Cook-Mills, seorang profesor kedokteran di bidang Alergi/imunologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine, melaporkan bahwa terdapat efek kesehatan yang berbeda secara drastis vitamin E, tergantung pada bentuknya. Bentuk vitamin E yang disebut Alfa-tokoferol ditemukan di bunga matahari dan minyak zaitun dikaitkan dengan fungsi paru paru yang lebih baik. Bentuk lain dari vitamin E disebut Gamma-tocopherol dan dikaitkan dengan fungsi paru paru menurun, dan bahkan mungkin asma. Studi Cook-Mills ini meneliti 4.526 individu dari arteri koroner pengembangan risiko di Young Adults Study (CARDIA).

Studi Cook-Mills ini menemukan bahwa orang yang mengonsumsi Alfa-tokoferol, yang kaya akan minyak bunga matahari dan minyak zaitun, memiliki fungsi paru yang lebih baik. Di AS, tingkat plasma darah rata Gamma-tocopherol adalah empat atau lebih kali lebih tinggi daripada Eropa dan negara Skandinavia yang merupakan konsumen bunga matahari dan minyak zaitun. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Respiratory Research (penelitian pernapasan). Studi ini didukung oleh the National Heart, Lung and Blood Institute of the National Institutes of Health hibah R-1 AT004837.

Tabel 1.0 Kandungan Gizi Bunga Matahari

Fleksibilitas dari minyak sehat ini diakui oleh koki internasional. Minyak bunga matahari dihargai karena rasanya, kinerja penggorengan dan manfaat kesehatan.

Ada tiga jenis minyak bunga matahari yang tersedia; Nusun, linoleat dan minyak bunga matahari oleat tinggi. Semua dikembangkan dengan teknik budidaya standar. Mereka berbeda dalam tingkat oleat dan masing-masing memiliki sifat yang unik.

Dengan tiga jenis minyak bunga matahari yang tersedia, minyak bunga matahari memenuhi kebutuhan konsumen dan produsen makanan seperti halnya minyak nabati non-transgenik yang menyehatkan.

Tepung Bunga Matahari

Gambar 3. Tepung Bunga Matahari


Tepung bunga matahari adalah produk sampingan dari proses ekstraksi minyak. Minyak adalah nilai mayoritas biji bunga matahari dan tepung dianggap produk sampingan. Tepung bunga matahari adalah pakan ternak yang sangat baik, terutama untuk ternak ruminansia. Selama beberapa tahun terakhir, pasokan ampas bunga matahari AS meningkat. Hal ini sebagai akibat dari meningkatnya volume pasar  minyak bunga matahari.

Selama proses pengolahan biji bunga matahari digiling sebelum proses ekstraksi minyak. Proses ini disebut ' dehulling ' atau ' decortication ' hasil yang berupa tepung ini memiliki kadar protein di atas 30% dan tingkat serat dibawah 21%. Satu tanaman bunga matahari hanya menghasilkan minyak nabati dengan kandungan lemak 13 persen. .

Karena sistem mekanis di berbagai pabrik ekstraksi minyak bervariasi, maka setiap tanaman pengolahan bunga matahari memiliki tingkat protein dan serat yang berbeda. Spesifikasi tanaman individu tercantum di bawah ini dalam urutan volume.


Tabel 1.2 Proses Mekanik Ekstraksi Minyak


Tepung bunga matahari adalah tepung terbesar keempat yang diproduksi dan dikonsumsi di dunia yang berasal dari biji bijian. Tepung bunga matahari memiliki potensi terbesar digunakan dalam ransum ruminansia tetapi juga memiliki tempat sebagai suplemen protein bagi non-ternak ruminansia.

Unhulled atau tepung setengah dehulled dapat menggantikan bungkil kedelai sebagai sumber protein dalam konsentrat pakan ternak ruminansia. Tepung dengan kadar serat rendah dan protein yang lebih tinggi dapat dimanfaatkan dalam memberi makan unggas dan babi. Tingkat yang lebih rendah dari lisin dan Treonina dapat menyebabkan beberapa pembatasan pada beberapa ternak non-ruminant. Namun, tepung bunga matahari yang mengandung metionin ini berpotensi menambah keuntungan untuk pencampuran dengan makanan lain.



Tabel 1.2 Perbandingan Gizi dengan Bahan Lainnnya

Varieties Unggul

Semua orang terbiasa dengan bunga matahari yang besar yang tumbuh di atas batang setinggi 3 meter yang menjulang tinggi. Tapi apakah Anda tahu bahwa beberapa varietas unggul hanya setinggi 40 Cm ?
  • Si menjulang varietas ' Mammoth 'adalah bunga matahari raksasa tradisional, kadang-terkadang tumbuh lebih dari 3,5 meter tingginya. Benih yang sangat baik untuk makanan ringan dan burung pengumpan juga.
  • ' Autumn Beauty': salah satu kultivar paling spektakuler, yang ' Autumn Beauty ' memiliki bunga selebar hampir 15 cm dalam nuansa kuning, perunggu, dan mahoni pada bercabang batang hingga setinggi  2,5 meter.
  • ' Sunrich Gold ', yaitu varietas yang memiliki sebuah bunga besar. Bunga matahari ini tumbuh sekitar 1,5 meter dan memiliki bunga selebar 10 cm hingga 15 cm.
  • ' Teddy Bear ': varietas hanya setinggi 0,5 m sampai 1 meter, bunga matahari kecil ini sangat cocok untuk kebun kecil dan kontainer. Vaerietas ini memiliki warna mas dengan lebar bunga 12 cm.

Budidaya Bunga Matahari

Budidaya bunga matahari tergolong mudah, lebih lebih di wilayah beriklim panas seperti Indonesia. Bunga matahari dapat ditanam di dalam pot gambut, begitupula bisa ditanam langsung ke tanah. Di tempat asalnya bunga matahari biasa di tanam di musim semi terakhir menjelang musim panas.

Persiapan Lahan

Bunga matahari dapat tumbuh baik di suhu tanah mencapai 12 - 15 derajat celcius. Pada suhu dibawah itu akan sulit untuk tumbuh. Beruntunglah kita hidup di Indonesia yang sepanjang tahun bisa mendapatkan sinar matahari secara penuh.

Bunga matahari tumbuh terbaik di lokasi dengan sinar matahari langsung (6 untuk 8 jam per hari); mereka membutuhkan intensitas cahaya yang cukup panjang.

Bunga matahari memiliki akar tunggang yang kokoh, biasanya perakaran tanaman ini cukup dalam, menjangkau areal yang luas. Sebagai persiapan tanam setidaknya perlu penggalian lobang sedalam 80 cm dengan kontur tanah yang gembur. Perlu juga dibuat galian melingkar sekitar 2-3 meter.

Tanaman ini tidak terlalu rewel terkait pH tanah. Bunga matahari berkembang dalam kondisi tanah sedikit asam dengan alkali (pH 6,0 - 7,5). Akan lebih baik apabila dipupuk dengan bahan organik atau kompos (umur) atau pupuk kandang dengan memasukannya kedalam galian sedalam 20 cm.

Jika mungkin, menanam bunga matahari di tempat yang terlindung dari angin kencang, mungkin di sepanjang pagar atau di dekat bangunan. Varietas yang lebih besar mungkin menjadi lebih berat dan angin yang kuat dapat menghancurkannya.

Penanaman Biji Bunga Matahari

Menanam benih bunga matahari tidak boleh ditimbun lebih dari 2 cm dengan jarak tanam yang baik sekitar 15 cm. Dalam 1 lobang tanam Anda dapat menanam beberapa bibit sekaligus dan seleksilah untuk dibiarkan 1 tanaman terkuat setelah ketinggian tanaman 15 cm.

Berikan tanaman banyak ruang, terutama untuk varietas yang memiliki banyak cabang. Buatlah baris yang terpisah sekitar 80 cm. (Untuk varietas yang sangat kecil, jarak antar baris bisa lebih dekat lagi.)

Pada masa awal tumbuh sebaiknya diberikan pupuk yang merangsang perakaran. Hal ini dimaksudkan agar tanaman tahan dari terpaan angin. Pada tahap ini biasanya berlangsung selama 5 hingga 6 minggu.

Perawatan

Pada waktu tanaman masih kecil, biasanya ujung akar akan berada sekitar 7 - 10  cm dari pangkal tanaman. Pada masa ini tanaman sangat rentan dimakan siput. Dengan demikian perlu dipikirkan pemberian umpan siput  atau obat pembasmi siput.

Sejalan dengan pertumbuhan tanaman, perlu dilakukan penyiraman dengan intensitas sedang agar perakaran bisa sampai kedalam tanah. Pada musim hujan penyiraman bisa dikurangi. Pemupukan bisa di berikan dengan mengencerkan pupuk dan sedapat mungkin mengindari pemupukan di oangkal tanaman. Akan lebih baik apabila pemupukan dibuatkan parit melingkar dengan jarak 45 cm dari batang.

Panen/Penyimpanan

Pemotongan Bunga Matahari Untuk Karangan Bunga
Untuk karangan bunga dalam Ruangan, potong batang utama tepat sebelum kuncup bunganya mekar. Potong batang di pagi hari. Memanen bunga pada tengah hari dapat menyebabkan bunga layu.
Tangani bunga matahari dengan lembut. Bunga harus berlangsung setidaknya seminggu di air pada suhu kamar.
Atur bunga matahari dalam wadah yang tinggi dan kontrollah air setiap hari untuk menjaga mereka agar tetapsegar.
Pemanenan Biji Bunga Matahari
Pada akhir musim, panen biji bunga matahari untuk makanan ringan yang lezat dan atau untuk menanam kembali.
  • Biarkan bunga kering pada atau dari batang sampai bagian belakang kepala berubah coklat, dedaunan berubah kuning, kelopak mati, dan biji-bijian terlihat gemuk dan agak longgar.
  • Pakailah gunting tajam , potonglah kepala dari tanaman (sekitar 15 cm di bawah kepala bunga). Tempatkan dalam wadah untuk menangkap biji yang terjatuh .
  • Untuk merontokkan biji, cengkeramlah kepala bunga dan gosok di papan seolah-olah Anda mencuci pakaian.
  • Jika Anda akan memanen bibit untuk memanggang, Anda dapat menutupi bunga dengan kain ringan (seperti kain katun) dan karet gelang untuk melindungi dari burung dan tikus.
  • Atau, Anda dapat memotong kepala bunga awal dan menggantung kepala terbalik sampai benih kering; menggantung di dalam ruangan atau di tempat yang aman dari burung dan tikus.
  • Bilas biji bunga matahari sebelum kering selama beberapa jam atau semalam.
  • Jika Anda menyimpan benih untuk menanam kembali, menyimpannya dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk, kering sampai Anda siap untuk menanam.

Cara Membuat Kuaci Bunga Matahari

Sebagian dari kita pasti familier dengan snack kuaci bunga matahari. Makanan ringan yang biasa dijual di supermarket ini sebetulnya bisa kita buat sendiri dirumah. Berikut ini cara membuatnya:

  • Biji  bunga matahari direndam dalam air jeruk nipis dan kemudian tiriskan sampai kering sepenuhnya
  • Setelah itu, buatlah adonan garam, kayu manis, serai, dan pandan wangi ke dalam air kemudian didihkan
  • Kemudian selama sekitar setengah jam tambahkan biji bunga matahari dan aduk.
  • Setelah itu tiriskan dan keringkan.


Refference:

https://www.almanac.com/plant/sunflowers
https://www.sunflowernsa.com/

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini