WHAT'S NEW?
Loading...

Berikut Penyebab Batu Ginjal dan Cara Mengobatinya | Bloggout

Penyebab-Batu-Ginjal-dan-Cara-Mengobatinya

[ 14/03/2020 09:27:51 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Penyebab Batu Ginjal dan Cara Mengobatinya" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:27:51, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Penyebab Batu Ginjal dan Cara Mengobatinya:

Berikut Penyebab Batu Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

  1. Karena faktor genetik atau keturunan dari keluarga yang memiliki riwayat dengan kasus batu ginjal.
  2. Karena faktor kegemukan atau obesitas.
  3. Faktor makanan yang mengandung tinggi protein, sodium dan gula dimana sangat berpotensi resiko terkena batu ginjal.
  4. Dehidrasi atau kurangnya asupan air putih dalam tubuh.
  5. Karena keadaan medis di antaranya hyperparathyroidism, renal tubular acidosis, cystinuria, dan infeksi yang terjadi pada saluran urin tertentu.

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Penyebab Batu Ginjal dan Cara Mengobatinya" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Ibu Hamil Minum Kopi, Aman Atau Bahaya? Berikut Ulasannya!

Artikel lainnya artikel terkait lainnya Cara mencegah batu ginjal secara alami.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai faktor batu ginjal dan cara mengatasinya.

Sebelum Anda mengonsumsi suplemen ini memang sangat bagus jika Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal itu supaya dalam pemakaian dosis dapat secara tepat. Karena suplemen ini sangat berguna buat mengurangi oksalat dan garam mineral yang berada di batu ginjal.

Mengonsumsi Suplemen yang Mengandung Pridoxine dan Magnesium

Seperti yang dijelaskan faktor terjadinya batu ginjal salah satunya ialah dehidrasi. Maka buat mengatasi atau mengobatinya ialah dengan cara memperbanyak minum air putih. Para peneliti mangatakan bahwa dengan rajin mengonsumsi air minimal 1-2 liter setiap hari maka akan mengurangi resiko terkena penyakit batu ginjal. Dimana air putih tersebut membantu menghancurkan batu ginjal yang terdapat pada urin (saluran kemih).

Memperbanyak Minum Air Putih

Kandungan protein yang terdapat dalam binatangi sangat ganas sekali khususnya banyak memberikan peluang yang cukup besar dalam terbentuknya batu ginjal. Maka dari itu sangat disarankan buat dapat mengurangi mengonsumsi daging yang banyak mengandung protein binatangi yang dapat mencegah terjadinya batu ginjal.

Mengurangi Mengonsumsi Daging

Gejala batu ginjal paling umum yang sering dialami oleh para penderitanya antara lain nyeri pada pinggang, selangkangan dan perut bagian bawah.

Gejala batu ginjal akan baru terasa jika batu tersebut memiliki ukuran yang lebih besar dari diameter saluran ureter itu sendiri. Batu ginjal yang sudah membesar terkadang akan bergesekan dengan lapisan dinding ureter sehingga dapat mengakibatkan luka dan iritasi. Sehingga seorang penderita batu ginjal terkadang akan mengalami air seni yang mengandung darah.

Artikel lainnya macam-macam penyakit pada ginjal

Jika batu ginjal masih berada di dalam ginjal, biasanya penderita belum merasakan sakit. Selain itu, gejala juga tidak akan terasa jika batu ginjal masih berukuran kecil. Hal ini dikarenakan ukuran batu ginjal yang masih kecil dapat keluar dari tubuh melalui ureter dengan mudah.

Gejala Batu Ginjal

Nah itulah beberapa faktor batu ginjal pada tubuh manusia. Untuk mengobatinya sebetulnya banyak cara sederhana yang dapat Anda lakukan. Sebelum membahas mengenai cara mengatasinya, berikut ialah beberapa gejala batu ginjal yang perlu diwaspadai.

Batu sistin merupakan jenis batu ginjal yang sangat jarang ditemukan. Batu ginjal ini terbentuk karena terlalu banyak mengonsumsi asam amino sistin.

Batu Sistin

Penyebab utama dari batu ini ialah asanya infeksi saluran kemih yang tidak segera diobati.

Batu Struvit

Sama seperti namanya, batu asam urat terjadi akibat tingginya kadar asam urat di dalam urine yang dikarenakan oleh makanan kaya purin seperti daging kambing, jeroan dan kerang. Selain dapat mengakibatkan batu ginjal, makanan tersebut juga dapat mengakibatkan rematik.

Batu Asam Urat

Jenis batu ginjal yang satu ini paling umum terjadi. Batu kalsium sendiri dikarenakan karena tingginya kadar kalsium di dalam urine. Tingginya kadar kalsium di dalam tubuh bisa berasal dari makanan yang mengandung vitamin D dan oksalat, seperti kopi, teh, cokelat, kacang kedelai, hati sapi dan tiram.

Batu Kalsium

Berdasarkan hal tersebut, batu ginjal sendiri dibagi menjadi beberapa jenis yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit dan batu sistin.

Adapun faktor batu ginjal terbentuk karena komponen urin atau cairan mineral dan asam mengalami ketidakseimbangan. Ketika hal itu terjadi maka akan mengakibatkan pembentukan seperti kristal di antaranya kalsium, oxalate, uric acid dan cairan yang lainnya. Maka saat pada saat yang sama pada saat semua cairan mengalami penggumpalan, itulah awal mulainya batu ginjal muncul pada diri manusia. Adanya proses bentukan batu ginjal tersebut pasti tidak lazim saat tidak disertai dengan faktor resiko tersebut atau faktor yang mendasari terbentuknya batu ginjal.

Batu ginjal ialah massa keras seperti batu yang terbentuk disepanjang saluran kemih dan mengakibatkan nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Adapun proses pembentukan batu ginjal ini disebut sebagai urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis). Batu ginjal terbentuk oleh mineral dan asam garam, batu ginjal dapat dikarenakan oleh berbagai hal salah satunya dikarenakan saat urin berkonsentrasi dan mineral menjadi mengkristal dan menggumpal. Sakit batu ginjal biasanya dirasakan pada bagian pinggang, di bawah pinggul hingga menjalar pada bagian perut di bawah pangkal paha akan merasakan nyeri yang luar biasa yang akan dialami oleh penderita sesuai dengan perubahan atau pergerakan batu ginjal pada saluran urin.

0 comments:

Post a Comment