WHAT'S NEW?
Loading...

Mari Mengenal Kondisi yang Tidak Dianjurkan untuk Puasa saat Hamil

Inilah-Kondisi-yang-Tidak-Dianjurkan-untuk-Puasa-saat-Hamil

[ 14/03/2020 09:33:46 ] Seiring denga banyaknya email yg masuk agar postingan pada blog ini selalu uptodate dan bermanfaat, Maka postingan kali ini ialah "Inilah Kondisi yang Tidak Dianjurkan untuk Puasa saat Hamil" yang sudah diterbitkan pada tanggal 14/03/2020 09:33:46, Mari kita simak sampai selesai berikut ulasan Inilah Kondisi yang Tidak Dianjurkan untuk Puasa saat Hamil:

Inilah Kondisi Kesehatan yang Tidak Dibolehkan buat Puasa saat Hamil

Terimakasih sudah membaca sampai selesai "Inilah Kondisi yang Tidak Dianjurkan untuk Puasa saat Hamil" semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu, Dan kamu juga dapat membaca postingan sebelumnya yang menarik untuk dibaca yaitu : Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Pada Pria Secara Alami

Demikianlah ulasan mengenai keadaan yang tidak dianjurkan buat puasa saat hamil yang perlu diketahui.

Artikel lainnya pantangan buat ibu hamil yang harus Anda ketahui

Kondisi kesehatan yang tidak dianjurkan berpuasa buat ibu hamil ialah ia menderita sakit maag. Ibu hamil yang memaksakan diri berpuasa mestipun ia tahu dirinya menderita sakit maag ialah hal yang cukup berbahaya. Karena tidak mengonsumsi makanan sepanjang hari dapat meningkatkan asam lambung dan tentunya hal ini dapat mengakibatkan maag menjadi kambuh. Sama seperti keadaan kesehatan di atas, sebaiknya Anda pun tidak mengerjakan puasa mestipun sangat ingin melakukannya. Dan buat menebusnya Anda bisa menggantinya di lain waktu.

Sakit Maag

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu keadaan kesehatan yang tidak mengharuskan Anda buat berpuasa. Selama hamil, tekanan darah harus terkontrol dengan baik agar kesehatan tetap terjaga. Namun bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tidak stabil atau sering naik dan turun sangat tidak dianjurkan buat berpuasa karena dapat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Hipertensi

Seperti yang kita ketahui, puasa mewajibkan kita buat menahan haus haus dan rasa lapar. Jika asupan vitamin, nutrisi serta cairan tidak mencukupi tidak menutup kemungkinan jika ibu hamil juga akan mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, jika Anda berniat puasa pastikan Anda mencukupi berbagai macam vitamin, nutrisi dan juga air agar tidak dehidrasi. Namun jika Anda mengalami gejala dehidrasi seperti diare, mual, muntah dan keringat dingin saat berpuasa maka sebaiknya Anda cepat berbuka buat menghindari hal yang tidak diinginkan.

Dehidrasi

Seorang ibu hamil yang menderita penyakit diabetes melitus atau kencing manis tidak disarankan buat berpuasa, baik puasa sunnah maupun wajib. Hal ini dikarenakan ibu hamil yang menderita diabetes harus menjalani pola makan yang betul-betul sehat dan teratur agar kadar dula dalam darah tetap seimbang dan terkontrol. Tak hanya mengontrol pola makan saja, ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes juga harus mengonsumsi obat secara teratur agar penyakit yang dideritanya tidak kambuh. Nah bagi Anda yang menderita penyakit ini sebaiknya tidak berpuasa, dan Anda bisa menggantinya di hari yang lain.

Menderita Penyakit Diabetes Melitus

Sedangkan pada trimester ketiga ibu hamil harus mempersiapkan diri buat menjalani persalinan. Sehingga pada masa ini ibu hamil diharapkan memiliki tubuh yang kuat dan fit. Lantas keadaan kesehatan yang seperti apa yang tidak dianjurkan buat puasa saat hamil? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

walaupun puasa saat hamil diperbolehkan, akan tetapi ada beberapa keadaan yang tidak memperbolehkan ibu hamil berpuasa yaitu pada saat trimester pertama, trimester ketiga dan ibu hamil yang memiliki keadaan kesehatan tertentu. Tidak diperbolehkan puasa pada trimester pertama karena pada masa ini keadaan kehamilan belum kuat. Selain itu pada saat trimester pertama ibu hamil juga sering mengalami mual dan muntah. Sehingga pada masa ini ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang cukup.

Puasa sehat yang harus diperhatikan para ibu hamil ialah mengonsumsi 50% karbohidrat, 30% protein dan 10 hingga 20% lemak. Ketika berpuasa, pastikan Anda mengonsumsi makanan-makanan sehat yang dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, daging ayam, telur serta susu buat ibu hamil. Agar perkembangan bayi tetap sehat Anda juga harus tetap mengonsumsi makanan kaya asam folat seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan.

Menurut para ahli, puasa juga tidak akan membuat bayi yang ada di dalam kandungan kekurangan gizi maupun berkurang berat badan. Karena pada dasarnya puasa hanya menggeser jam makan yaitu pada sahur dan berbuka. walaupun para ibu hamil diwajibkan buat memberikan asupan gizi 2 kali lebih banyak, tak berarti jika Anda harus menambah porsi makan 2 kali lebih banyak dari biasanya. Hal ini dikarenakan makan makanan yang berlebihan dikhawatirkan akan mempengaruhi organ pencernaan. Masalah yang sering timbul akibat makan terlalu banyak ialah sembelit atau susah buang air besar.

biasanya, puasa merupakan salah satu hal yang memiliki banyak manfaat tak terkecuali buat ibu hamil. Beberapa manfaat puasa yang bisa kita dapatkan antara lain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghambat penuaan dini, menurunkan resiko penyakit jantung dan masih banyak lagi. Melihat beberapa manfaat puasa tersebut tentu saja Anda tak perlu khawatir mengenai kesehatan Anda dan janin.

Puasa saat hamil, terkadang ditanyakan oleh hampir setiap perempuan yang tengah mengandung. Jika tidak dibahas dengan tuntas hal ini tentu saja akan selalu menghantui para ibu hamil. Namun Anda tak perlu khawatir karena kali ini akan membahas mengenai masalah yang sering ditanyakan ini. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

0 comments:

Post a Comment

close
Banner iklan disini